Scroll to Top

Situs Punden Berundak di Gunung Padang Terbesar se-Asia Tenggara

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Dec 2013

Gunung padang

Gunung Padang yang ada di Cianjur, Jawa Barat, semakin mendapat perhatian setelah di sana ditemukan situs peninggalan dari zaman Megalitikum. Saat ini sedang dilakukan  penelitian untuk menguak berbagai hal tentang situs di areal seluas 25 hektar, dari sebelumnya hanya 1,7 hektar. Perluasan area penelitian melalui peraturan Gubernur Jawa Barat itu membantu menciptakan penataan lingkungan terkait banyaknya wisatawan yang datang ke Situs Megalitikum Gunung Padang.

Keberadaan situs ini memunculkan perhatian dari peneliti dalam dan luar negeri. Pasalnya, situs di Gunung Padang cukup luar biasa. Pada Konferensi IInternasional Gotrasawala yang di helat di Bandung belum lama ini terungkap, Gunung Padang memiliki punden berundak yang diduga terbesar untuk kawasan Asia Tenggara. Situs yan berasal dari zaman Megalitikum tersebut punya luas bangunan 900 meter persegi dan luas areal mencapai 3 hektar.

gunung-padang

Ini sebuah kekayaan peninggalan prasejarah yang akan diungkap lebih jauh oleh para peneliti. Ketika dilakukan pengetesan dengan menggunakan metode karbon terungkap, situs diperkirakan sudah ada semenjak 10 ribu tahun sebelum masehi. Jika dibandingkan dengan temuan situs lain di dunia, usia Situs Megalitikum Gunung Padang sudah berdiri jauh sebelum Piramida Gaza dan Spinx dibangun.

Jika dibandingkan dengan Candi Borobudur, luas yang dimiliki situs Gunung Padang jauh lebih besar. Oleh karena itu, eksplorasi lebih lanjut tentang situs ini kemungkinan akan menemui sebuah bangunan yang besarnya luar biasa. Lokasi Situs Megalitikum Gunung Agung berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.  Dikutip Republika Online, keberadaannya sudah diperbincangkan di tingkat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda