Scroll to Top

Membuat Sendiri Masker Wajah dari Pisang dan Pepaya

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

masker pisang

Masker adalah cara gampang dan instan untuk mendapat kulit lebih cantik. Bahan-bahan aktif dalam masker dengan mudah dapat terserap ke dalam pori-pori wajah dan bekerja dari bawah kulit. Meski sudah banyak produk masker hasil produksi pabrik, tidak ada salahnya Anda mengenakan masker dari cara alami. Masker ini bisa dibuat sendiri dan bahannya bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dua masker yang bisa diterapkan adalah masker pisang dan pepaya. Pisang mengandung zat aktif yang dapat menurunkan efek peradangan atau inflamasi pada tubuh. Nutrisi lain pada pisang dapat menjadi obat jerawat yang ampuh sekaligus mengangkat noda-noda yang mungkin ada di wajah. Kaliumnya sangat tinggi yang bermanfaat membuat kulit terasa halus.

Sementara buah pepaya, punya zat aktif antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas. Artinya, kulit lebih terpelihara dari unsur degenerasi sel yang bisa menimbulkan efek penuaan. Di samping itu, pepaya kaya vitamin A dan memiliki fungsi seperti scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk membuat masker wajah dengan pisang dan pepaya, berikut ini caranya:

  1. Masker pisang.  Kupas pisang dan lembutkan hingga menjadi sebuah pasta yang tebal. Tambahkan dua sendo madu lalu aduk sampai rata. Kenakan pasta pada seluruh kulit wajah sampai leher pada posisi kulit sudah bersih dan kering. Diamkan masker selama 10-20 menit lalu bilas memakai air hangat.
  2. Masker pepaya. Kupas pepaya dan buang bijinya. Lanjutnya dengan memotongnya lebih kecil dan blender sampai halus. Tambahkan sekitar tiga sendok madu murni lalu aduk rata. Kenakan adonan masker pada muka dan leher yang sudah dibersihkan. Bilas dengan air hangat setelah dibiarkan mengering selama 10-15 menit.

Manfaat masker alami bisa didapatkan dengan pemakaian rutin. Dalam seminggu setidaknya Anda memakai masker ini dua kali. Hindari memakai masker di area yang sangat dekat dengan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda