Andik Vermansyah 5

Jadwal bola SEA Games 2013 antara Indonesia kontra Thailand harus dijadikan ajang pembuktikan oleh Andik Vermansyah cs. setelah di partai perdana cuma menang 1-0 atas Kamboja. Jadwal Indonesia vs Thailand yang akan berlangsung pada Kamis, 12 Desember 2013 pukul 16.00 WIB juga bisa dijadikan timnas Indonesia U23 untuk menyodok Thailand yang sekarang bertengger di peringkat  kedua.

Timnas U23 belum menampilkan permainan yang menjanjikan saat melawan Kamboja. Tidak memiliki alur serangan yang jelas, mudah hilang konsentrasi, dan hanya mengandalkan lari dua pemain sayap, jelas bukan hal ideal bagi tim yang ditargetkan untuk meraih emas di SEA Games XXVII.

Kesempatan memperbaiki kualitas datang di saat yang tak tepat. Ada Thailand, tim yang siap membalas dendam atas kekalahan 3-1 di SEA Games 2011 kala bertarung di Jakarta. Changsuk, julukan Thailand, menjalani ujicoba yang mantap, dan memetik hasil lumayan saat menekuk Timor Leste 3-1. Ucapan pelatih Kamboja, Lee Tae Hon yang menyebut Indonesia tak lebih baik dari Myanmar dan Thailand bisa menggambarkan apa yang mungkin terjadi.

Rahmad Darmawan sudah menganalisis kekuatan Thailand. Katanya seperti dikutip Tribunnews, “Thailand hampir di semua lini memiliki pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik. Mereka juga punya serangan yang kuat dari sektor kanan dan kiri”

Garuda Muda juga mengalami kerugian. Thailand dipastikan tampil lebih segar karena istirahat yang lebih panjang, lima hari. Mereka juga memiliki barisan tengah yang aktif memburu gol; solusi jika Adisak Kraisorn atau Panorn Prempak. Kemudian, jika Alfin Tualasamony tak terlalu agresif ketika bertemu lawan sekelas Kamboja, tentu bek lincah ini akan menghadapi masalah yang lebih besar saat bersua Thailand.

Hasil seri adalah hal yang paling bisa diraih Indonesia andai mengacu pada penampilan melawan Kamboja. Namun, siapa tahu, tekanan media selama tiga hari terakhir mengubah jalan cerita: Garuda Muda lebih terorganisasi di setiap lini dan bukan hanya sekadar mengandalkan aksi individual.

Perkiraan Susunan Pemain

  • Indonesia U23: Kurnia Meiga; Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels; Rizky Pellu, Dedy Kusnandar; Feri Pahabol, Ramdani Lestaluhu, Andik Vermansyah; Yandi Sofyan
  • Thailand U23: Kain Thammasatchanan; Theeraton Bunmathan, Artit Daosawang, Narubodin Weerawatnodom, Sakolwat Skollah; Tanaboon Kesarat, Thitipan Puangchan, Pokkhao Anan, Pravinwat Boonyong; Adisak Kraisorn, Panorn Prempak.

Prediksi Sidomi: 45-55