Scroll to Top

Begini Cara Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Dec 2013

bpjs-kesehatan

Semua masyarakat Indonesia bakal bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan menjadi peserta  dari Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Per 1 Januari 2014 calon peserta mulai bisa melakukan pendaftaran, membayar iuran bulanan, dan memperoleh pelayanan kesehatan. Dan, untuk menjadi peserta sangat mudah. Tinggal peran aktif dari calon peserta untuk mau datang ke tempat yang ditunjuk.

Jika Anda tertarik, langsung saja mulai awal Januari 2014 nanti mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Di samping itu, ada beberapa bank yang menjadi rekanan PT Askes.  Bank ini ditunjuk kantor cabang tertentu untuk bisa menjadi tempat pendaftaran peserta.  Untuk pembayaran iuran juga bisa melalui kantor BPJS Kesehatan atau lewat bank tersebut.

“Peserta mandiri hanya perlu menyambangi kantor BPJS Kesehatan atau mengunjungi bank yang telah bekerja sama dengan Askes seperti Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Ketiga Bank ini akan menunjuk kantor cabang tertentu di setiap kota yang dapat menerima pendaftaran peserta,” kata Fahmi Idris, Direktur Utama PT Askes, seperti dikutip Liputan 6.

Sebagai tahap awal, PT Askes memiliki target bisa mendapatkan peserta sebanyak 113 juta orang. Pada akhir tahun 2014 diharapkan sudah ada 121,6 juta masyarakat yang terdaftar. Sebagian peserta akan didukung dari 140 BUMN dan 107 Pemda yang telah menyatakan komitmennya untuk bergabung. Sisa peserta diambil dari para peserta mandiri.

Hal yang penting untuk diketahui terkait prosedur pelayanan kesehatan, peserta harus memahami bahwa pemeriksaan dilakukan dahulu pada pelayanan kesehatan tingkat pertama (Puskesmas atau klinik). Jika diperlukan ke rumah sakit, Puskesmas akan membuatkan rujukan menuju rumah sakit yang ditunjuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda