Scroll to Top

6 Cara Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 15 Dec 2013

mengukur tensi

Tekanan darah memengaruhi berbagai hal pada kesehatan seseorang. Semakin tinggi tekanan darah, seseorang menjadi riskan untuk memiliki gejala penyakit lain, seperti stroke atau serangan jantung. Normalnya, tekanan darah berada di angka 120/80 mmHg untuk usia produktif. Orang yang mengalami hipertensi biasanya muncul gejala pusing, mudah emosi, atau terasa nyeri di area leher..

Jika tekanan darah Anda mulai menginjak angka 140/90 mmHg sebaiknya segera mawas diri. Kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar tekanan darah kembali normal. Namun tekanan darah ini sebenarnya bisa dilakukan pencegahan agar tetap stabil. Dikutip dari Times of India, berikut ini caranya:

  1. Hentikan mengonsumsi minuman beralkohol. Baik kadarnya sedikit atau tinggi, alkohol membuat tekanan darah naik secara signifikan. Minuman setan ini juga tidak baik untuk kesehatan liver.
  2. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asin. Banyak garam membuat kondisi darah agak mengental. Cairan terserap oleh garam yang masuk ke dalam tubuh. Keadaan seperti ini menghambat laju peredaran sehingga tekanannya menjadi besar.
  3. Melakukan olahraga secara teratur. Olahraga membuat badan menjadi bugar. Otot jantung terlatih memompa darah dengan optimal ke seluruh tubuh. Kolesterol dan lemak lainnya ikut terbakar melalui proses metabolisme. Efeknya, tekanan darah cenderug stabil dibanding orang-orang yang jarang berolahraga.
  4. Mengonsumsi makanan yang kaya kalium. Contoh paling gampang didapat adalah pisang dan pepaya. Kedua buah ini punya kalium yang cukup tinggi. Kalium berguna dalam melancarkan aliran darah dalam arteri yang senantiasa memberi makan seluruh jaringan tubuh dengan oksigen. Zat ini juga mengendalikan keasaman dan menyeimbangkan air dalam tubuh. Makanan lain yang kaya dengan kalium adalah  kentang, mentimun, jeruk, kubis, tomat, kembang kol, bayam, dan brokoli.
  5. Jauhi rokok mulai dari sekarang. Asap rokok mengandung racun tar yang akan memicu peningkatan tekanan darah. Di samping itu, racun rokok bakal merusak sel darah dan pembuluh darah. Tidak dianjurkan menjadi perokok aktif, pasif, maupun perokok ketiga.
  6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin. Kedua bahan makanan tersebut alami dan kaya nutrisi. Semua buah dan sayur bermanfaat, kecuali Anda didiagnosa harus menghindari sebagaian dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda