Scroll to Top

Benarkah Kematian Mita Diran Akibat Overdosis Kratingdaeng?

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

minuman energi

Ada informasi menarik lain terkait kematian Mita Diran, di samping fakta bahwa dia tidak tidur selama 30 jam nonstop. Di sela aktivitas lemburnya itu Dira mengonsumsi banyak minuman energi untuk mendongkrak staminanya. Minuman ini menjadi teman Mita untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.

Minuman berenergi kerap dijadikan cara instan untuk “memulihkan” kembali energi oleh sebagian orang. Tapi tahukah Anda? Minuman ini sangat berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Studi tentang minuman energi menemukan bahwa ada kaitan antara meminumnya dengan kontraksi jantung. Sekali menenggak minuman energi, reaksi pada jantung terjadi satu jam kemudian.

“Biasanya minuman energi mengandung taurin dan kafein sebagai bahan farmakologis utama mereka . Jumlah kafein sampai tiga kali lebih tinggi dibanding pada minuman berkafein lainnya seperti kopi atau cola,”kata Dr Jonas Dorner, peneliti dari Universitas Bonn, Jerman, seperti dikutip Medicalnewstoday.

Dorner menambahkan, efek samping yang muncul setelah mengonsumsi minuman energi akan terjadi dengan cepat. Kafein yang tinggi dituding menjadi pemicunya. Mengonsumsi dalam takaran yang berlebihan dapat membuat peminumnya mengalami detak jantung lebih cepat, jantung berdebar, peningkatan tekanan darah, kejang, sampai mengalami kematian.

Minuman energi mendorong adanya ketegangan berlebih pada ventrikel kiri jantung.Tingkat regangan sistolik berada pada titik puncaknya. Perubahan terjadi dalam waktu singkat.

Namun peneliti juga mendapati bahwa belum ditemukan dampak mengonsumsi minuman energi dalam jangka panjang.  Tapi efek yang pasti, dalam jangka pendek minuman berenergi akan berkontribusi pada kontraksi di jantung. Semakin besar dosis yang dikonsumsi, bahaya bagi jiwa ikut meningkat.

Studi ini disampaikan dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda