Scroll to Top

Barcelona dan Real Madrid Akan Jalani Investigasi Karena Curangi Pajak?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 19 Dec 2013

Barcelona dan Real Madrid Akan Jalani Investigasi Karena Curangi Pajak

Barcelona, Real Madrid, Athletic Bilbao, dan empat klub lain di Liga Spanyol akan menjalani investigasi oleh Komisi Eropa (EC) terkait dengan bantuan ilegal yang didapatkan mereka. Salah satu masalah yang muncul adalah, keringanan pajak yang diterima oleh Barca dan Madrid selama ini.

Dilansir oleh Dailymail, tercatat ada empat klub di La Liga yang membayar pajak lebih rendah dari kebanyakan yang lain. Mereka adalah Real Madrid, Barcelona, Osasuna, dan Athletic Bilbao. Masalah ini dimulai dari tahun 1992, ketika ada aturan hukum yang memaksa semua klub untuk membentuk PT (perusahaan).

Namun, Madrid, Barcelona, Osasuna, dan Athletic merupakan organisasi non-profit yang sahamnya dimiliki para socios. Dengan keadaan ini, mereka mendapatkan keuntungan. Jika klub-klub La Liga lain mesti membayar pajak sebesar 30%, keempat klub tersebut hanya mengeluarkan 25%.

Namun, ekonom Jose Maria Gay de Liebana kepada SER mengatakan, “Klub-klub ini, yang bukan perseroan terbatas, dipahami sebagai organisasi non-profit dengan pajak lima persen lebih kecil daripada yang lain. Jika EC meminta pemerintah Spanyol untuk memaksa konversi pajak —agar sejajar denagn klub lain— ini akan kacau.”

Sementara itu, juru bicara Barcelona, Toni Freixa mengatakan, mustahil pihak-pihak tertentu menyerang kondisi alamiah Barcelona yang legal, karena “hukum Spanyol mengizinkan hal ini.”

Khusus Real Madrid, ada tambahan. Pada akhir 1990-an, Los Blancos menjual lapangan latihan mereka kepada dewan kota Madrid. Sebagai gantinya, Los Blancos mendapatkan tanah yang disebut ‘Las Tablas’. Ketika itu, tanah tersebut berharga 421.000 Euro.

Namun, belakangan diketahui bahwa Dewan Kota Madrid melakukan kesalahan. Las Tablas bukan sepenuhnya hak dewan kota. Dengan demikian, harus ada semacam kompensasi. Saat ini, harga Las Tablas mencapai 22,7 juta Euro alias meningkat 5400% dibandingkan harga awal.

Sementara itu, Athletic Bilbao akan diinvestigasi terkait dengan keterlibatan badan publik pada pembangunan San Mames Barria. Namun, politisi setempat berkeyakinan bahwa tidak ada subsidi atau bantuan terhadap stadion baru yang sudh rampung tersebut.

Terakhir, tiga klub lain, Valencia, Hercules, dan Elche juga disorot seputar kebijakan pemerintah Valencia yang memberikan ‘kemudahan dan keuntungan’ pinjaman yang hingga kini belum dibayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda