Scroll to Top

Anak Bisa Kena Penyakit Keturunan Gara-Gara Ayahnya Perokok

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Dec 2013

rokok

Merokok tidak hanya akan mengganggu kesehatan perokoknya saja. Lebih dari itu, rokok menimbulkan risiko terhadap kemungkinan terjadinya penyakit keturunan dari orang yang merokok kepada anak-anaknya hingga cucu mereka. Hal ini bisa terjadi karena rokok mampu mempegaruhi gen sehingga merusak kualitas sperma atau respon imun.

Terjadinya perubahan pada beberapa gen tidak bisa dipandang remeh. Beberapa akibatnya dikaitkan dengan risiko terkena kanker dan diabetes. Jika perubahan tersebut mengubah DNA yang dibawa oleh sperma ketika membuahi sel telur, maka dimungkinkan pewaris keluarga dari perokok bisa mempunyai penyakit keturunan.

Dikutip dari Times of India, studi ini dilakukan Uppsala University and Uppsala Clinical Research Center di Swedia. Menurut peneliti Asa Johansson, jika risiko kesehatan yang dimiliki oleh perokok cukup berlebih, maka kemungkinan penyakit yang diturunkan ke anak juga lebih tinggi. Menurut temuan, tembakau rokok tidak menyebabkan perubahan genetik. Namun ketika tembakau sudah dinikmati dengan dibakar, asap dari tembakau inilah yang akan secara aktif meracuni tubuh termasuk gen.

“Risiko penyakit yang meningkat terkait dengan merokok, sebagian disebabkan oleh perubahan epigenetik.” kata Johansson.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Human Molecular Genetics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda