Scroll to Top

RIP Mikhail Kalashnikov, 10 Fakta Unik Pembuat Senapan AK 47

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 25 Dec 2013

AK-47

Mikhail Kalashnikov, pencipta senapan AK 47 telah tiada. Ia meninggal Senin, 23/12/13 di Rusia pada usia 94 tahun. Namanya memang lekat dengan senapan ciptaannya, Avtomat Kalashnikova 1947 atau AK-47. Dan berikut 10 fakta unik tentang Mikhail Kalashnikov.

1. Komandan Tank

Mikhail Kalashnikov selama Perang Dunia II sejatinya adalah seorang Komandan Tank. Namun ia memulai karir sebagai desainer senjata setelah cidera bahu pada Pertempuran Bryansk.

2. Senapan Standar Militer Rusia

AK-47 diproduksi pertama tahun 1947 dan membuat Mikhail Kalashnikov diganjar award Stalin Prize dan Order of the Red Star dari pemerintah Rusia. Sejak tahun 1949, AK-47 jadi senapan standar militer Rusia.

3. Simbol Jenius Kreatif

Daya tahan, biaya produksi rendah, mudah digunakan, anti macet meski basah dan berpasir, adalah sedikit kelebihan dari AK-47. Berkat masterpiece-nya Mikhail Kalashnikov dijuluki ‘simbol jenius kreatif’ orang Rusia.

4. Masuk Rekor Dunia

AK-47 tercatat dalam Guinness Book of Record sebagai salah satu senjata yang banyak dipakai di dunia. Senapan ini tersebar di seluruh penjuru dunia lebih dari 100 juta unit.

5. Senapan Pasukan Elit

Di 106 negara dari Afghanistas hingga Zimbabwe, pasukan khusus dan militer menggunakan AK-47 sebagai salah satu senapan utama.

6. Tewaskan 250 Ribu Orang per Tahun

Senada dengan populernya AK-47 maka jumlah ‘korban’ tewas akibat senapan ini jumlahnya tidak sedikit. Diperkirakan ada seperempat juta orang mati tertembus peluru AK-47 setiap tahun.

7. ‘Menyesal’

Mikhail Kalashnikov pernah menyalahkan diri sendiri akan ciptaannya. AK-47 hanya untuk perlindungan namun telah tumpahkan banyak darah. Tahun 2007 ia pernah bertutur, “Ini salah politisi yang gagal mencapai kesepakatan.”

8. Lisensi 30 Negara

Rusia tak hanya distribusikan AK-47 namun juga miliki lisensi pada 30 negara termasuk China, Israel, India, Mesir, serta Nigeria.

9. Harga Murah Kualitas Wah

Harga rata-rata global senapan serbu diperkirakan USD 534 di tahun 2005. Sedangkan harga rata-rata AK-47 hanya sekitar USD 200 per unitnya.

10. Koin

Sebagai dedikasi atas mahakarya Mikhail Kalashnikov, tak hanya di tanah airnya, di negeri damai nan jauh dari Rusia, Selandia Baru, namanya diabadikan dalam bentuk uang koin (logam) dengan kurs 2 dollar. Dedikasi ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60 AK-47.

Selamat jalan Mikhail Kalashnikov.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda