Scroll to Top

FB Akan Gantikan Fungsi KTP

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 24 Dec 2013

Bandara

FB dan KTP memang berbeda. Satunya adalah sebuah jejaring sosial, dan yang satu adalah sebuah tanda/kartu identitas atau ID. Namun pengalaman Co-Founder Vimeo dan CEO DIY berikut menarik untuk disimak. Sebab ia menggunakan Facebook sebagai KTP. Kok bisa?

Pada sebuah kesempatan di sebuah bandara, Zach Klein, sosok yang dimaksud diperbolehkan menggunakan akun Facebook-nya oleh Administrasi Kemanan Trasnportasi (TSA) sebagai bukti untuk menverifikasi identitas. Ia lakukan itu sebab KTP-nya (ID) tertinggal.

Kemudian TSA berikan konfirmasi lewat sebuah kicauan yang merujuk ke laman TSA. Dalam pernyataan tersebut tertulis berikut:

“Kami memahami penumpang terkadang tiba di bandara tanpa KTP (ID), karena hilang atau tidak sengaja tertinggal di rumah. Tidak memiliki (membawa) ID tidak selalu berarti penumpang tidak akan diizinkan untuk terbang. Jika penumpang bersedia untuk memberikan informasi tambahan, kami memiliki cara lain untuk mengonfirmasi identitas seseorang, seperti menggunakan database yang tersedia untuk umum.”

Juru bicara TSA Ross Feinstein mengatakan jika kebijakan di atas sejatinya bukanlah sebuah hal yang baru. Namun ia menambahkan klarifikasi lain soal itu.

“Kami tidak memanfaatkan situs media sosial untuk mengonfirmasi identitas penumpang. Kamu menggunakan database yang tersedia untuk publik,” ujarnya.

Apa yang ia katakan sejatinya cukup membingungkan. Facebook bila dikatakan database yang tersedia untuk umum sudah sangat bisa mendukung untuk masuk dalam kategori itu. Namun ia nampaknya memilah antara keduanya.

Zach Klein sendiri nampaknya cukup terkejut dengan kebijakan di atas. Di Twitter ia tuliskan pengalaman yang ia dapatkan tatkala memposisikan akun FB sebagai KTP.

“Pergi ke bandara, ID saya tertinggal di rumah. TSA kemudian izinkan saya menggunakan profil Facebook untuk konfirmasi,” kicaunya di Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda