Scroll to Top

Di Era Lionel Messi & CR7, Spanyol Tetap Bisa Juara Piala Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 01 Jan 2014

Spanyol 2012

Saat ini bisa dikatakan sebagai era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Demikian yang dicetuskan Vicente Del Bosque. Namun, pelatih Spanyol tersebut menyebut, alasan mengapa La Furia Roja bisa meraih Piala Dunia 2010 tak terlepas bahwa mereka bermain sebagai tim, tidak bergantung pada kualitas individual.

Spanyol akan memasuki tahun 2014 dengan penuh gaya. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, mereka hadir ke Piala Dunia dengan status juara bertahan. Tapi, Vicente Del Bosque tak mau pemainnya menyombongkan diri.

Katanya kepada AS, “Kami adalah tim yang paling diincar di Piala Dunia kelak. Ada sekian tim besar di Brazil kelak. Brazil, Kolombia, Argentina, Cili, Jerman, Belanda, dan Portugal bukanlah lawan yang mudah dikalahkan. Jangan lupa, ada 32 negara yang ambil bagian di Piala Dunia, tapi cuma satu yang bakal juara.”

Selama ini, negara-negara di Eropa seperti terkena kutukan, selalu gagal juara ketika Piala Dunia dilangsungkan di wilayah Amerika Selatan. Apakah kejadian yang serupa akan terulang di Brasil?

Vicente Del Bosque memiliki alasan lain. Menurutnya, “(Tim-tim Eropa gagal) karena Piala Dunia tidaklah mudah. Bahkan, untuk menembus putaran final saja susah. Namun, kami juga berhasil meraih gelar Euro-Piala Dunia-lalu Euro lagi. Ini bukanlah sebuah kebetulan. Kami konsisten, dan saya berharap konsistensi itulah yang akan membantu di Brazil kelak.”

Berbicara tentang keunggulan Spanyol dibandingkan negara-negara lain, Del Bosque menyebut timnya lebih menyatu dan bisa tampil sebagai tim. Kontras dengan beberapa negara lain.

“Jangan lupa bahwa saat ini kita berada di era Lionel Messi-Cristiano Ronaldo. Kita juga bisa memasukkan nama Franck Ribery di sana. Ketiganya belum pernah mendapatkan gelar Piala Dunia; dan akan sangat lapar di Brazil.”

“Lebih jauh, dalam ketiga kasus di atas, mereka merupakan bagian dari tiga tim hebat, Argentina, Portugal, dan Prancis. Namun, ketika para pemain hebat itu tak memenangi sesuatu di level internasional, Spanyol justru menikmati siklus yang membuat kami memenangi segalanya. Anda tahu kuncinya? Karena Spanyol adalah tim; semangat kolektif yang kami miliki, terus membimbing ke arah kesuksesan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda