Scroll to Top

Camp Nou & Santiago Bernabeu Bukan Lapangan Terbesar di Liga Spanyol!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 02 Jan 2014

Manuel Martinez Valero

Camp Nou dan Santiago Bernabeu ternyata bukan lapangan terbesar di Liga Spanyol. FIFA memang merekomendasikan standard ukuran lapangan 105 m x 68 m. Namun, nyatanya lapangan terluas milik klub La Liga adalah Manuel Martinez Valero milik Elche.

Memang, dalam aturan sepakbola, tidak ada kepastian mengenai ukuran mutlak sebuah lapangan. Wajar jika kemudian Manuel Martinez Valero memiliki ukuran luas 108 x 70 m, lebih luas dibandingkan dengan lapangan-lapangan lain. Benito Villamarin, yang menjadi kandang Real Betis, ada di urutan kedua. Lapangan tersebut memiliki luas 107 x 68 m.

Peringkat ketiga, jatuh pada Colisseum Alfonso Perez yang digunakan oleh Getafe. Lapangan tersebut mempunyai luas 105 x 70 m. Anoeta yang digunakan Real Sociedad sebagai kandang, juga memiliki ukuran yang sama.

Jika ada lapangan terluas, tentu ada pula lapangan tersempit. Dan, dua klub yang memiliki lapangan jenis ini adalah Rayo Vallecano serta Osasuna. Rayo yang bermarkas di Campo de Vallecas, menggunakan lapangan seluas 100 x 65 meter. Akan halnya lapangan El Sadar, yang kerap menyulitkan lawan-lawan Osasuna, memiliki luas 105 x 67,5 meter.

Lalu, bagaimana dengan lapangan klub-klub elite Liga Spanyol? Camp Nou (Barcelona), Santiago Bernabeu (Real Madrid), dan Vicente Calderon (Atletico Madrid) sudah disesuaikan dengan standard FIFA di atas, dengan ukuran 105 x 68 meter.

Uniknya, bermarkas di lapangan yang lebih luas dari yang lain tak berkolerasi dengan jumlah kemenangan. Elche dengan lapangan terluas, baru dua kali menang di Manuel Martinez Valero sepanjang musim ini. Sisanya, dua kali seri, dan lima kali tumbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda