Cara Daftar BPJS Kesehatan di Kantor ASKES dan Keuntungan Jadi Peserta

BPJS

Seluruh warga Indonesai wajib menjadi peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Bagaimana cara mendaftar dan apa saja keuntungan menjadi peserta BPJS yang sebelumnya bernama PT Askes ini?

Dilansir oleh TEMPO, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013, ada dua jenis peserta BPJS Kesehatan, yaitu peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan peserta non PBI. Apa yang membedakannya?

Peserta PBI adalah mereka yang tergolong fakir miskin dan tidak mampu. Nantinya, premi mereka akan dibayar oleh pemerintah. Peserta non PBI tentu saja kebalikannya, yaitu (1) pekerja penerima upah, (2) pekerja bukan penerima upah, dan (3) bukan pekerja.

Kebanyakan di antar kita, tergolong ke dalam pekerja penerima upah, yang kepesertaannya masih baru, alias bukan pegawai pemerintah. Nah, cara pendaftaran untuk BPJS Kesehatan untuk kelompok ini adalah sebagai berikut.

  1. Perusahaan mendaftar ke BPJS Kesehatan.
  2. BPJS Kesehatan melakukan proses registrasi kepesertaan dan menyampaikan informasi tentang virtual account untuk perusahaan (satu virtual account berlaku untuk satu perusahaan).
  3. Perusahaan membayar ke bank dengan virtual account yang sudah diberikan BPJS Kesehatan.
  4. Perusahaan mengkonfirmasi pembayaran pada BPJS Kesehatan.
  5. BPJS Kesehatan memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada perusahaan

Klik halaman 2 di bawah ini untuk melihat informasi selengkapnya
Atau klik disini untuk melihat lokasi tempat pendaftaran BPJS Kesehatan

Pages: 1 2 3

Komentar Anda

Leave A Response