Divisi Utama

PSSI dan PT Liga Indonesia (LIGA) resmi menetapkan bahwa kompetisi Divisi Utama 2014 akan mulai digulirkan pada tanggal 15 April 2014 mendatang. Keputusan ini diambil setelah PSSI dan LIGA menggelar pertemuan dengan 64 klub peserta kompetisi Divisi Utama, di Surabaya, Senin (27/1/2014).

“Pada 10 Maret 2014 ditentukan jumlah pasti klub peserta Divisi Utama beserta pembagian grupnya. Lalu, tanggal 17 Maret 2014 kita kasih draft jadwal kompetisi, nanti LIGA memberikan waktu 1 minggu untuk finalisasi jadwal dan 15 April 2014, Divisi Utama akan kick off,” jelas Sekjen PSSI sekaligus CEO LIGA, Joko Driyono.

PSSI dan LIGA juga akan melakukan proses verifikasi terhadap klub-klub calon peserta Divisi Utama 2014 yang dimulai pada bulan Februari 2014 mendatang. Ada dua faktor utama yang akan diverifikasi, yaitu kondisi keuangan dan infrastrukur.

“Stadion harus berkualitas baik, khususnya rumput lapangannya, sekalipun lampu bukan kewajiban. Masalah infrastruktur terkait dengan fasilitas perangkat pertandingan dan keamanan,” tandas Joko Driyono.

”Keuangan adalah kewajiban klub-klub pada pemain, jangan ada yang masih menunggak gaji,” lanjutnya.

Akibat dualisme kompetisi musim lalu, klub peserta Divisi Utama 2014 memang membengkak menjadi 64 tim. Kemungkinan besar, setelah proses verifikasi usai, klub peserta akan dibagi menjadi beberapa grup. Joko Driyono pun berharap di tahun 2015 nanti akan tercipta komposisi jumlah peserta yang ideal untuk Divisi Utama.