Share

panu

Penyakit panu sangat mengganggu penampilan. Bercak putih panu juga kerap menimbulkan gatal. Penyakit ini muncul akibat tumbuhnya jamur kulit. Pada tubuh yang terlalu lembab dan tidak bersih, jamur panu dengan mudah akan tumbuh. Pemilik kulit sensitif yang memiliki panu, lebih mudah untuk mengalami penyebaran jamur akibat garukan saat gatal.

Obat panu sangat beragam. Bila menginginkan mengobati panu dengan cara yang alami, beberapa bahan ini bisa membantu menyembuhkan:

  1. Bawang putih. Rempah ini memiliki sifat antijamur sekaligus antibakteri. Cara pakainya mudah. Siapkan satu siung bawang putih lalu usapkan cairannya ke kulit yang ditumbuhi panu. Gunakan cara ini dua kali dalam sehari. Pemakaian yang teratur dapat menyembuhkan panu.
  2. Belimbing. Buah yang punya rasa masam dan manis ini kaya dengan vitamin C. Air belimbing efektif pula untuk menyingkirkan panu. Cara pakainya, campur belimbing tumbuh dengan kapur sirih, lalu oleskan di kulit berpanu. Gunakan dua kali sehari sampai panu hilang dan sembuh.
  3. Lengkuas. Bumbu dapur ini memiliki kandungan air yang bersifat antijamur. Untuk mengobati panu, ambil lengkuas secukupnya lalu oleskan airnya pada panu. Gunakan secara rutin hingga penyakit kulit tersebut sembuh total.
  4. Belerang. Memasukan belerang dengan jeruk nipis akan menyembuhkan panu. Tumbuk belerang secukupnya dan tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Terapkan pada kulit yang memiliki panu.