Scroll to Top

Google+ Akhirnya Hadirkan Fitur Hashtag

By Erni Dwi / Published on Thursday, 13 Oct 2011

hashtag googleSeperti yang telah diberitakan di Sidomi.com pada beberapa waktu  yang lalu bahwa penggunaan hashtag di Google+ telah ramai diperbincangkan di Google+.

Banyak pengguna Google+ mengeluhkan kapan fitur yang pertama kali dimiliki Twitter ini akan diusung di Google+.

Beberapa waktu yang lalu setelah ramai diperbincangkan oleh para penggunanya  sepertinya Google+ mendengarkan keluhan penggunanya tersebut.

Beberapa waktu kemudian Google+ memberikan kemudahan memasukkan hashtag  pada pencarian dalam search engine Google+  seperti yang dilakukan Community Manager for Google+ project +Natalie Villalobos pada saat gencar-gencarnya aksi penghimpunan #OccupyWalStreet di Amerika.

Pengguna Google+ sudah dapat mencari kata kunci #OccupyWalStreet lengkap dengan tanda hashtag  sebagai spesifikasi pencarian dalam mesin pencari Google+. Namun sepertinya fungsi praktis hashtag pada Twitter masih diinginkan para pengguna Google+ untuk pencarian cepatnya.

Sepertinya Google+ tak pernah berhenti mendengar apa yang diinginkan penggunanya, 12 Oktober 2011 Senior Vice President of Engineering, Vic Gundotra menyatakan pada postingnya bahwa akhirnya  Google+ meluncurkan dua  fitur  terbarunya yang berkaitan dengan hashtag dan pencarian  ini , dua fitur tersebut diantaranya :

  • Hasil pencarian yang Real-time : kini jika anda sedang mencari sesuatu di Google+ anda akan mendapati pesan tentang posting terbaru “most recent” yang merupakan post terbaru yang muncul secara real-time fitur ini akan sangat bermanfaat ketika sedang berlangsung kejadian tertentu seperti breaking news atau berita-berita lain yang sedang ramai diperbincngkan.
  • Peningkatan dukungan Hashtag:  Menyadari bahwa banyak pengguna Google+ menggunakan hashtag  sebagai tanda untuk menandai topik tertentu, maka  kini Hashtag di Google+ dapat diklik untuk untuk melakukan pencarian cepat atau penghimpunan informasi dengan kata kunci tertentu seperti hashtag yang ada di Twitter, meskipun demikian pengguna Google+ masih bisa mencari topik tertentu melalui fasilitas search engine Google+.

Yonathan Zunger , Chief architect Google+ berkaitan dengan peluncuran fitur baru Google+ ini juga menyatakan : satu hal yang perlu dicatat bahwa hashtag di Google+ berlaku dalam semua bahasa , tidak hanya bahasa yang menggunakan lower ASCII atau katakana (dalam bahasa jepang).

Meski sudah diluncurkan namun Vic Gundrota menambahkan bahwa fitur terbaru ini masih dalam penerapan secara bertahap, dan  nampaknya anda harus cukup bersabar karena bisa jadi  ada kemungkinan  diantara anda yang sudah menandai posting anda dengan hashtag namun mengalami masalah dalam  link otomatis ke pencarian cepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda