Scroll to Top

Aplikasi Untuk Melacak Pasangan Dianggap Spyware

By Melissa / Published on Monday, 17 Oct 2011

Sebuah perusahaan di Jepang mendapat kritik tentang aplikasi telepon genggam ciptaan mereka, Kare Log. Aplikasi ini dapat melacak setiap gerak-gerik dan panggilan tanpa terdeteksi.

Kare Log ditujukan untuk para wanita yang curiga dengan tingkah laku pasangan mereka dan ingin mengetahui keberadaan sang pasangan.

Layanan yang dibayar bulanan ini akan memberikan lokasi telepon genggam pasangan yang dicurigai dan berapa sisa baterai yang ada di telepon genggam tersebut.

Dengan membayar biaya tambahan, aplikasi ini dapat mengakses daftar panggilan lengkap dengan tanggal, jam dan durasi panggilan. Selain data-data primer, Kare Log juga dapat mengidentifikasi aplikasi apa saja yang di-install di dalam telepon genggam tersebut.

Karena Kare Log berjalan di ‘background‘ tanpa ikon atau notifikasi langsung di layar telepon genggam, akhirnya aplikasi ini dijatuhkan ke dalam kategori spyware.

Dalam waktu 10 minggu saja, Kare Log sudah diunduh sebanyak 24.000 kali. Hal ini menunjukkan bahwa banyak sekali penduduk Jepang yang berada dalam pengawasan ketat oleh pasangan mereka.

Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang sepertinya tidak menyetujui keberadaan aplikasi ini. Ia mengatakan bahwa izin untuk melacak dari orang yang bersangkutan sangatlah penting dan cara Kare Log dipasarkan amat bermasalah.

Banyaknya komplain mengenai privasi akhirnya memaksa Manuscript selaku pengembang Kare Log untuk meluncurkan ulang aplikasi ini dengan definisi baru, yaitu ‘layanan lokasi untuk pasangan’ yang didisain agar para pasangan dapat saling berbagi informasi. (via The Next Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda