Scroll to Top

Stroke Ancam Pelaku Kerokan di Bagian Leher

By Ilham Choirul / Published on Friday, 21 Oct 2011

kerokan jangan di bagian leher

Obat murah mengatasi masuk angin, nyeri, mual, dan badan pegal adalah kerokan. Pengobatan tradisional yang juga dikenal di beberapa negara Asia ini, menawarkan kesembuhan dan rasa nyaman yang cukup instan. Begitu selesai kerokan, badan menjadi enak.

Namun, waspadai untuk mengerok bagian leher. Sebaiknya hindari bagian ini saat Anda kerokan. Leher memiliki saraf-saraf yang cukup sensitif. Jika ada saraf yang rusak, bisa berpotensi menyebabkan stroke. Apalagi, buat orang yang sudah berumur tua, tidak disarankan kerokan di leher. Risiko stroke jadi lebih besar.

“Kebiasaan kerokan di sekitar leher dapat mengakibatkan stroke bila ada saraf yang rusak,” ujar Prof. DR. Dr. Budhi Setianto, Sp.JP, dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Harapan Kita.

Lebih amannya, cukup kerokan di sepanjang punggung tanpa melewati leher. Gunakan motif tulang ikan dalam mengerok. Menurut sebuah studi, cara ini membantu penyembuhan penyakit. Sebab, ada titik-titik akupuntur dan meridian yang dilewati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda