Scroll to Top

Lionel Messi Gagal Penalti, Barcelona Ditahan Sevilla 0-0

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 23 Oct 2011

Barcelona 0-0 Sevilla

Menguasai ball possessions hingga 74% dan melepaskan 21 tembakan. Sungguh ajaib, permainan atraktif Barcelona tidak menghasilkan sebiji gol pun ke gawang Sevilla. Strategi memarkir bus di depan gawang dan penampilan ekstragemilang kiper Javi Varas memperpanjang rekor tak terkalahkan tim Andalusia. Sekaligus, memelorotkan Barcelona dari puncak klasemen La Liga.

 

Strategi Mengimbangi Angka, Bukan Permainan

Strategi apakah yang paling efektif untuk meredam Barcelona yang memiliki (salah satu) lini depan tertajam dan lini tengah penyuplai bola terapik di dunia? Jose Mourinho pernah memainkan cara melakukan pressing lini tengah pada Piala Super Spanyol lalu.

Kala itu, para gelandang Barcelona diajak berduel dengan ketatnya gelandang Real Madrid. Alhasil, pasokan bola kepada Lionel Messi berkurang dan dari segi permainan, Madrid bisa mengimbangi Barcelona.

Namun, hal ini tidak cukup untuk memetik angka di Camp Nou. Meskipun strategi Mou berhasil di Santiago Bernabeu dengan Madrid menahan Barcelona 2-2, ketika berada di kandang sendiri, El Barca mampu menang 3-2. Artinya, mesti ada cara lain yang tidak hanya efektif merebut permainan Barcelona, tetapi juga merampas angka.

Bertahan total, “melatih” kiper Javi Varas, plus berharap keberuntungan. Alternatif itulah yang dipakai Sevilla dini hari tadi. Serangan Barcelona yang bagaikan air bah memang tidak bisa dihentikan. Tak masalah, yang penting satu angka berhasil digapai.

Josep Guardiola pastinya akan dibuat pusing tujuh keliling dengan capaian ini. Memasukkan Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas sebagai pengganti untuk mempertajam dan meningkatkan kreativitas, tetap saja mereka tak bisa menghancurkan benteng pertahanan terakhir Sevilla.

 

Jika Ingin “Menaklukkan” Barcelona, Provokasilah Mereka

Setelah bola lob Andres Iniesta membentur mistar, peluang datang di menit 90. Pemain nomor 8 Barcelona ini dijatuhkan di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan awak Sevilla yang datang cuma demi satu poin meradang. Sepanjang pertandingan usaha mereka berhasil, kini nasib ditentukan sepakan Lionel Messi. Wajar kalau kemudian mereka melakukan aksi provokasi yang sayangnya berhasil.

Barcelona mungkin tim terbaik dunia. Namun, mereka bukanlah tim yang bisa tahan oleh upaya memanas-manasi dari pihak lawan. Jose Mourinho dan Real Madridnya sering membuktikan hal ini, maka Sevilla tinggal menerapkan hal sama.

Mulai dari tindakan Frederic Kanoute yang memindahkan bola dari titik putih. Hingga, aksi pemain yang sama mencengkeram leher Cesc Fabregas. Kanoute memang terkena kartu merah. Namun, aksinya sukses membuyarkan konsentrasi Lionel Messi.

Sang mesiah Argentina melakukan tembakan yang terlalu mudah dibaca kiper Sevilla, Javi Varas sang bintang lapangan.

http://www.youtube.com/watch?v=Xbv4GlFahhA

Lalu, pada percobaan terakhir, tendangan bebasnya yang membentur pagar betis, cuma mengenai samping gawang.

 

Merosot dari Puncak Klasemen

Apa pun kata orang, Sevilla pasti puas dengan raihan ini. Mereka adalah tim pertama yang mampu membuat Barcelona tidak bisa mencetak gol musim ini. Hebatnya pula, Sevilla sukses melanjutkan rekor mereka sendiri: tak terkalahkan dalam delapan pekan La Liga.

Blaugrana tak bisa berkomentar banyak. Satu angka di Camp Nou membuat Madrid mengudeta mereka dengan selisih satu angka. Meskipun Los Merengues telah terdepak sekali oleh Levante, Barcelona terlalu banyak seri: tiga kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda