Scroll to Top

Kenapa Siri Berjenis Kelamin Wanita?

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

Hari gini siapa sih yang gak tahu fitur iPhone 4S yang paling menonjol, Siri? Yep, Siri merupakan asisten virtual yang diaktifkan melalui perintah suara. Dibandingkan dengan mengetik atau menggerakan tombol navigasi atau bahkan menggunakan layar sentuh Anda, maka menggunakan perintah suara akan jauh lebih menarik untuk mengeksplor fitu gadget terbaru Anda.

Tanyalah beberapa pertanyaan kepada Siri. Maka Siri akan dengan senang hati memberikan jawaban pertanyaan Anda dengan menggunakan bahasa Inggris yang terdengar menenangkan dan adakalanya sedikit lucu.

Siri sangat cerdas. Siri merupakan sosok yang lucu. Tapi adakah dalam benak pikiran Anda kenapa Apple memili suara wanita untuk mewakili Siri mereka?

Apakah karena ini merupakan hal umum yang berlaku di Negara Paman Sam dimana suara komputer selalu menggunakan suara wanita? Atau karena suara wanita lebih mudah di dengar jika diadu dengan suara mesin? Atau hanya sebuah stereotype saja? Apakah Anda [baca: laki-laki] akan mudah diperintah jika Anda mendengar perintahnya dari nada suara wanita yang lembut dan menyejukkan?

Clifford Nass dari Universitas Satnford akan memberikan jawabannya bagi Anda. Menurutnya hal ini bisa dijadikan sebagai campuran antara pengaruh biologis dan studi tingkah laku.

“Akan lebih mudah untuk mendengar suara wanita yang kita sukai dibandingkan dengan suara laki-laki. Tahukah Anda bahwa bayi lebih tertarik dengan suara wanita d bandingkan dengan suara lelaki,” tutur Nass.

Apple, menurut Nass mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai sebuah alat yang disukai dan dapat mudah diakses. Bukan sebagai mesin yang kuat dan cepat, tapi lebih ke terbaik dan mudah dipergunakan.

“Suara lelaki tampaknya akan jauh lebih baik dihubungkan dengan seorang ahli dibidang teknologi, akan tetapi suara perempuan akan mewakili semuanya,”

“Jadi untuk Apple, penting untuk menanggapi sebuah keahlian dengan kasih sayang,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda