Scroll to Top

Mobil Otomatis Nissan Ternyata Tidak Sepenuhnya Otomatis

By melissa / Published on Sunday, 20 Jul 2014

Tahun lalu, Nissan menggembar-gemborkan prototype LEAF, mobil yang dapat menyetir sendiri secara otomatis. Proyek mobil canggih tersebut diharapkan rampung di tahun 2020.

Namun, beberapa pihak menduga mobil otomatis itu tidak akan sepenuhnya berfungsi mandiri sesuai dengan tahun yang ditargetkan.

Dalam pidatonya di hadapan Klub Korespondensi Asing Jepang, CEO Nissan, Carlos Ghosn membeberkan peluncuran teknologi “Autonomous Drive” yang ternyata masih membutuhkan tenaga manusia sebagai pengemudi.

Berdasarkan press release dari Nissan, para pengemudi masih harus memberikan kendali pada mobil yang dipersenjatai dengan berbagai fitur otomatis tersebut.

Tahap pertama dari implementasi ‘Autonomous Drive’ akan berlangsung di tahun 2016 saat Nissan berencana meluncurkan “traffic-jam pilot” yang akan memampukan mobil untuk mengemudi secara mandiri di jalan tol yang macet atau di tempat parkir yang penuh.

Tahun 2018 mendatang, Nissan akan memperkenalkan kontrol multi-jalur yang akan memampukan mobil untuk berganti jalur secara mandiri untuk menghindari rintangan dan bernavigasi secara otomatis dalam persimpangan tanpa bantuan pengemudi.

Dilansir dari Digital Trends, meskipun Nissan tampaknya mampu menciptakan mobil otomatis, sayangnya fitur tersebut tidak sepenuhnya dapat dijalankan tanpa kendali manusia.

Namun masih ada beberapa pihak yang beranggapan bahwa Nissan bisa saja akan terus mengembangkan mobil otomatis tersebut dengan cara menambahkan berbagai fitur satu demi satu hingga tercipta mobil yang sepenuhnya berfungsi secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda