Scroll to Top

Nintendo Kehilangan Hampir 1 Milyar Dolar

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 27 Oct 2011

Selama periode penjualan tahun lalu, di akhir 30 September, Nintendo mengalami penurunan penjualan secara signifikan, sebagaimana laporan yang dirilis perusahaan tersebut hari ini.

Wii

Nintendo menghasilkan 215,7 milyar yen (2,84 milyar dolar) di periode enam bulan lalu, mengalami penurunan sebesar 40, 6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Bahkan pendapatan bersih Nintendo turun ke 926 juta dolar.

Masalah utama yang dialami Nintendo ada dua, penjualan hardware dan software yang buruk, dan bersaing ketat nilai yen yang menguat.

Tapi yang paling menyusahkan Nintendo ada pada masalah penjualan, dimana Nintendo hanya mampu menjual 3,3 juta unit Wii di seluruh dunia, turun dari angka 5 juta unit saat Wii terjual di tahun pertamanya, dan penjualan software menjadi 36 juta saja, dari tahun lalu yang berjumlah 65 juta.

Di portable game, Nintendo baru bisa menjual 3 juta unit Nintendo 3DS dan software-nya sebanyak 8,1 juta selama periode enam bulan lalu. Di AS saja, Nintendo baru menjual 810.000 unit Nintendo 3DS selama enam bulan lalu padahal Nintendo telah melakukan pemangkasan harga, namun ternyata tidak cukup menarik perhatian pembeli. Apakah ini tandanya Nintendo harus menyerah pada kedigdayaan Sony PlayStation ataupun Microsoft Xbox? (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda