Scroll to Top

Tinggal Oles, Gel KB Cegah Kehamilan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 28 Oct 2011

gel kb tak bikin hamil

Satu lagi alat kontrasepsi ditemukan. Bentuknya gel dan diklaim tidak ada efek samping seperti pil KB. Kontrasepsi ini sedang diujicobakan pada wanita AS usia 20 sampai 30-an tahun. Sejauh ini, belum ditemukan wanita yang hamil setelah pakai gel ini. Bahkan, mereka sudah memakainya selama tujuh bulan lebih.

“Memang masih dalam tahap awal, tapi kami kembangkan terus. Kami akan mengujinya pada lebih banyak lagi wanita,” kata Dr. Ruth Merkats dari Lembaga Populasi, New York.

Kandungan gel antihamil adalah hormon pencegah kehamilan. Dosisnya cukup sampai 3 mg per hari. Pakainya gampang. Tinggal oles di perut, paha, lengan, atau bahu. Tidak ada sisa yang membekas di kulit. Selain tidak menimbulkan efek samping, juga tidak memengaruhi khasiat ASI bagi ibu menyusui.

Hormon dalam gel mampu menekan produksi telur yang dilakukan ovarium. Dengan kontrasepsi ini, mampu memberikan kenyamanan bagi wanita yang hendak menunda kehamilan dengan cara yang lebih nyaman. Peneliti berharap, produk ini segera selesai melewati pengujian dan dapat diproduksi dalam jumlah besar. Mereka telah mengungkapkannya kepada Perkumpulan Pengobatan Reproduksi Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda