Scroll to Top

Lemparkan Pertanyaan Unik Untuk Mempertahankan Followers Anda

By Melissa / Published on Friday, 28 Oct 2011

Jika Anda adalah seorang pengguna aktif Twitter, tentunya Anda sudah paham bahwa untuk mempertahankan jumlah followers, Anda perlu meningkatkan interaksi dengan mereka.

Berbagi ulang link yang menarik bukan lagi merupakan kunci utama untuk tetap menjadikan para followers tetap setia pada Anda. Setiap tweet Anda harus menarik, unik dan memancing perhatian mereka.

Salah satu trik untuk mempermanis komunikasi Anda dengan para followers adalah dengan melemparkan berbagai pertanyaan.

Para pengguna Twitter pada umumnya sangat suka berbagi pendapat. Jika Anda melontarkan beberapa pertanyaan yang cerdas dan menggelitik, tentunya tweet-tweet Anda akan dianggap semakin menarik.

Tanyakan Pertanyaan Yang Tepat

Jenis pertanyaan yang Anda tulis akan menentukan apakah para followers akan menjawab atau justru bersikap cuek. Kenali dengan baik tweet-tweet yang sering Anda tulis, karena cara Anda nge-tweet biasanya menjadi ciri khas yang disukai oleh mereka.

Apakah Anda memiliki gaya nge-tweet tersendiri seperti humor atau puisi? Atau Anda sedang mewakili suatu merk tertentu atau perusahaan tempat Anda bekerja? Cara Anda menggunakan Twitter akan memengaruhi jenis pertanyaan yang Anda tulis.

Tulislah pertanyaan yang berkaitan dengan bidang yang Anda kuasai. Jika Anda bekerja di perusahaan penerbitan buku, tanyakan pendapat followers Anda mengenai tipe novel apa yang sedang ingin mereka baca atau bahkan pendapat mereka mengenai tren sampul novel yang banyak beredar di toko buku.

Jangan terlalu sering menanyakan hal-hal remeh seperti apa tim sepakbola favorit mereka. Followers Anda tentunya mengharapkan isi tweet yang konsisten dengan siapa diri Anda atau perusahaan Anda dan mereka berharap ciri khas nge-tweet Anda tetap ada.

Anda juga dapat membuat polling atau survei kecil-kecilan dengan menggunakan hashtag atau meminta pendapat mereka mengenai suatu link atau blog.

Mintalah Jawaban

Hanya sekadar melempar pertanyaan tentu saja tidak cukup. Anda harus memerhatikan jawaban yang Anda terima dan tunjukkan bahwa Anda peduli dengan followers yang sudah menjawab pertanyaan Anda.

Cara termudah untuk memberikan respon terhadap jawaban adalah me-reply mereka dengan ucapan terima kasih. Tentunya hal ini tergantung dari jumlah balasan yang Anda terima.

Jika Anda mendapat 3-5 jawaban, Anda dapat mengucapkan terima kasih secara individual. Tetapi bila Anda menerima jawaban hingga ratusan jumlahnya, akan lebih baik bila Anda menulis 1 tweet yang berisi ucapan terima kasih atas semua jawaban yang telah Anda terima.

Cara lainnya adalah dengan me-retweet jawaban menarik sambil Anda berikan komentar. Atau bisa juga dengan mengumpulkan beberapa jawaban unik lalu menampilkannya ke dalam blog Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kiat lain untuk meningkatkan interaksi dengan followers Anda?

(via All Twitter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda