Scroll to Top

Main Ponsel Sambil Mengemudi Bikin Konsentrasi Pecah

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 30 Oct 2011

sms sambil nyetir berbahaya

Anda pernah mengemudikan kendaraan sembari bertelepon, SMS, atau melakukan aktivitas online? Mulai sekarang, jauhkan kegiatan pengundang maut itu. Karena, aktivitas tersebut hanya membuat konsentrasi Anda tidak fokus untuk berkendara. Akibatnya, Anda pun akan terlambat merespon kondisi berbahaya yang mungkin mengintai keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. Kalau memang ingin menggunakan ponsel, sebaiknya menepi dan berhenti sejenak.

Christine Yager, peneliti di Texas A & M University Texas Transportation Institute, mengatakan pada Reuters, pengemudi yang menyibukkan diri dengan ponselnya akan punya reaksi ganda. Pengemudi kurang mampu mengendalikan kecepatan kendaraan secara konstan dan mereka cenderung punya lajur jalan yang sering kali membelok dari lajur yang seharusnya. Kalau ini terjadi di kondisi lalu lintas padat, maka risiko terjadinya kecelakaan semakin besar.

Hasil itu didapatkan dari mengetes 42 pengemudi usia 16-54 tahun yang diminta mengemudi sambil SMS-an. Tes ini dilakukan secara nyata dan bukan dalam bentuk simulator. Menurut Yager, jika dalam mengemudi juga dilibatkan aktivitas online via ponsel seperti mengakses jejaring sosial atau cek email, maka risikonya sama saja membahayakan.

“Sangat menakutkan untuk berpikir hal ini terjadi di jalan raya publik kita,” kata Yager.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda