Scroll to Top

Berita Terkini: Jokowi-Prabowo Rekonsiliasi? Tidak Perlu Buru-buru

By vratislav / Published on Sunday, 31 Aug 2014

Berita terkini – Rekonsiliasi antara Jokowi-Prabowo Subianto tidak perlu tergesa dipaksakan. Demikian yang disampaikan Jimly Ashiddiqie, ketua DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) yang menilai pembelahan dua kekuatan politik yang terbentuk justru bisa dilanggengkan.

Banyak wacana yang menyebutkan Jokowi perlu segera merangkul Prabowo pasca kemenangannya di Pilpres 2014. Di samping itu Mahkamah Konstitusi (MK) juga sudah menolak gugatan kubu Prabowo-Hatta sehingga Joko Widodo sudah pasti menjadi presiden terpilih.

Meskipun demikian, Jimly Ashiddiqie menilai rekonsiliasi antara kedua calon presiden dalam pemilu lalu tidak perlu didesak-desak. Ia berkeyakinan hal tersebut akan mengalir dengan sendirinya.

“Biar saja berjalan secara alami, karena capres dua pasangan baru pertama kali dilakukan,” kata Jimly seperti dikutip Antara pada Sabtu (30/8) lalu.

Pada Pilpres 2014 lalu terlihat adanya dua kubu yang saling berlawanan. Koalisi Merah-Putih mendukung Prabowo-Hatta sebagai pasangan nomor satu, sedangkan di sisi lain ada Jokowi JK yang didukung PDI-P, PKB, Hanura, dan Nasdem.

Menurut Jimly,  pembelahan dua kekuatan politik seperti dalam Pilpres 2014 justru bisa diteruskan. Ini akan membangun tradisi dua kubu dengan parpol pendukung masing-masing. Masyarakat juga tidak perlu khawatir adanya gesekan berlebihan.

“Masyarakat sudah lama terbiasa dengan pluralisme sehingga tak peru dikhawatirkan,” katanya.

Mengenai gugatan Prabowo ke Mahkamah Agung, Jimly Ashiddiqie menilai hal tersebut bukan hal berlebihan. Ia menegaskan sengketa pilpres sudah berakhir dengan keputusan MK. Meskipun demikian, tuntutan Parbowo akan menjadi sarana memelihara kekuatan koalisi Merah-Putih.

“Ini merupakan alat untuk meredam kemarahan dan kekecewaan. Ini penting dilakukan sebagai pengimbang di parlemen nantinya,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda