Scroll to Top

Menyusui Dapat Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

By Ika / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

ASI (air susu ibu) memang sangat disarankan bagi bayi karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi bayi tersebut. Lalu bagaimana dengan ibu yang menyusui bayinya? Menurut para ilmuwan, kegiatan menyusui rupanya tidak hanya memberikan manfaat bagi sang bayi, namun juga memberikan dampak positif bagi ibu yang menyusui.

ibu menyusui

Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa seorang ibu yang menyusui bayinya memiliki resiko rendah terhadap beberapa penyakit, misalnya kolesterol tinggi, diabetes, dan juga penyakit jantung.

Studi yang lebih baru berusaha mengkaitkan hubungan antara menyusui dan resiko tekanan darah tinggi. Studi yang dilakukan di Amerika Serikat ini melibatkan 56.000 wanita yang sudah memiliki anak. Hasilnya, sekitar 8.900 wanita yang terlibat dalam penelitian ini divonis mengidap tekanan darah tinggi. Para peneliti juga menemukan kemungkinan bahwa wanita yang tidak menyusui bayinya memiliki resiko 22% lebih tinggi terhadap hipertensi dibandingkan dengan mereka yang menyusui anaknya.

Hasil keseluruhan dari studi ini adalah menyusui dapat membuat seorang wanita terhindar dari tekanan darah tinggi hingga lebih dari 14 tahun ke depan dibandingkan dengan mereka yang tidak mau menyusui dan hanya memberikan susu formula pada bayinya.

Lalu bagaimana dengan wanita yang menyusui bayinya tapi hanya sebentar? Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Reuters, para ahli mengungkapkan bahwa wanita yang menyusui anaknya hanya tiga bulan atau kurang dari itu, tetap punya resiko lebih besar terhadap tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang menyusui bayinya setidaknya enam bulan (ASI eksklusif) sampai satu tahun.

Walau begitu para ilmuwan masih belum bisa menjelaskan dan membuktikan secara medis tentang hubungan antara menyusui dengan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi. Mereka belum menemukan bukti kuat bahwa pemberian ASI bisa melindungi sang ibu dari penyakit darah tinggi. Apalagi ada banyak faktor seperti pola makan, lingkungan, kebiasaan berolahraga, maupun kebiasaan buruk seperti merokok yang tetap harus dipertimbangkan.

Pemberian ASI sendiri adalah suatu tindakan untuk melindungi sang buah hati dari berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pemberian ASI pada bayi juga dapat melindungi kesehatan sang ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda