Scroll to Top

Testosteron Rendah Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung?

By Ika / Published on Thursday, 03 Nov 2011

Sebuah penelitian mencoba mengkaitkan hubungan antara testosteron (hormon seks pria) dengan resiko penyakit. Hasilnya, dari studi tersebut diketahui kadar testosteron yang rendah pada seorang pria diduga meningkatkan resiko kematian akibat penyakit jantung.

penyakit jantung

Studi ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 3.600 pria lanjut usia. Para peneliti mencoba mengamati para partisipan tersebut selama sekitar 5 tahun. Dalam jangka waktu penelitian tersebut, sebanyak 6% pria meninggal akibat penyakit jantung. Pria-pria tersebut juga diketahui memiliki kadar testosteron yang rendah.

Namun Dr.Frederick Wu, seorang ahli hormon dari Universias Manchester di Inggris, sedikit menyangkal hasil dari studi ilmiah tersebut. Ia mengatakan bahwa kadar testosteron yang rendah tidak selalu berarti membuat seorang pria memiliki resiko tinggi terhadap penyakit jantung.

“Kadar testosteron yang rendah memang berhubungan dengan kesehatan yang buruk,” kata Dr. Frederick Wu sebagaimana dikutip Sidomi News dari Reuters. “Namun testosteron rendah bukan berarti penyebab penyakit atau meningkatkan resiko kematian.”

Dr.Frederick Wu juga menambahkan bahwa kesimpulan dari studi ilmiah ini masih prematur, artinya masih belum kuat dan bisa saja berubah. Apalagi ada beberapa faktor yang harus tetap dipertimbangkan, seperti usia para partisipan dan juga tekanan darah mereka.

Walau begitu, tampaknya kadar testosteron memang cukup berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Zoe Hyde, seorang peneliti dari The Western Australia Center for Health and Aging.

“Ada bukti kuat bahwa testosteron memiliki efek yang menguntungkan berkenaan dengan sistem kardiovaskular. Misalnya, testosteron terbukti mengurangi massa lemak. Ini akan menimbulkan dampak positif terhadap kadar kolesterol,” kata Zoe Hyde.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda