Scroll to Top

Banyak Wanita Terserang Rasa Kesepian

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 Nov 2011

kesepian

“Penyakit” kesepian ternyata ada, dan lebih banyak menyerang wanita dibanding pria. Penyakit ini dikaitkan dengan kondisi mental dan fisik yang menurun dan menyebabkan wanita seolah merasa sendirian sekali pun berada di tengah keramaian. Psikologis mereka mengatakan seperti terkucilkan dari dunia luar.

Mungkin penyakit ini sulit terdeteksi secara kasat mata melalui peralatan diagnosa medis. Hanya saja, perilaku wanita yang merasa kesepian bisa diamati. Dia kerap menjauhi kehidupan bersosial, minder, dan lebih banyak diam sembari menyendiri. Saat wanita terserang penyakit ini, dia lebih suka menceritakan berbagai sisi kesedihannya pada orang lain. Tidak jarang pula, mereka jadi dijauhi karena hal itu.

Menurut peneltian dari tiga universitas — yaitu The University of Chicago, The University of California-San Diego, dan Harvard — menyimpulkan penyakit kesepian ini bisa menular kepada orang lain. Saat seorang wanita terserang kesepian dan menceritakan segala pengalaman hidupnya, maka orang lain yang simpatik dengannya bisa ikut merasakan kesepian yang sama. Bahkan, para peneliti menyamakan penularan penyakit kesepian ini dengan virus flu, yang tanpa pandang buku dalam menginfeksi inang baru.

“Kami mendeteksi pola penularan luar biasa yang menjadikan orang diasingkan dari jaringan sosialnya saat mereka kesepian,”  kata John Cacioppo, psikolog University of Chicago, seperti ditulis New York Daily News.

Dan, untuk mengobati perasaan sepi itu, maka penderitanya harus mau aktif kembali ke dunia sosialnya. Bertemu orang-orang yang optimis bisa memberikan suntikan semangat baru dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda