Scroll to Top

Cuma 5 Dollar untuk Ikut Selamatkan Terumbu Karang

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 10 Nov 2011

terumbu karang

Anda penyuka keindahan alam bawah laut melalui snorkling atau diving? Jika iya, sekarang Anda bisa menunjukkan kepedulian untuk menjaga terumbu karang yang kini terancam musnah. Caranya cukup mudah. Anda tinggal klik laman “My Coral Triangle” dan memberikan donasi sesuai spot virtual yang bisa dipilih sesuai minat Anda.

Terumbu karang menjadi tumpuan hidup banyak hewan laut. Sumber makanan salah satunya berada di karang hidup ini. Hanya saja, ulah manusia yang kadang menggunakan bom untuk mencari ikan, mengakibatkan banyak terumbu karang mati. Padahal, untuk menumbuhkannya perlu waktu tahunan agar bisa berfungsi seperti semula.

My coral triangle adalah usaha penggalangan dana untuk penyelamatan terumbu karang yang dilakukan LSM  The World Wide Fund for Nature (WWF) dari empat negara. Yaitu Indonesia, Hongkong, Malaysia, dan Filipina. Kampanye ini dilakukan serentak  mulai 3 November 2011 lalu. Fokus penyelamatan ditujukan untuk wilayah coral triangle.

Sebenarnya, coral triangle adalah sebuah kawasan imajiner yang membentang di enam negara. Yaitu Malaysia, Filipina, Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Di kawasan segitiga ini terdapat banyak terumbu karang yang membuat isi lautan lebih hidup.

Nah, kalau Anda ingin berpartisipasi memberikan donasi, Anda tinggal memilih titik terumbu karang yang ingin diselamatkan sepanjang wilayah coral triangle. Satu titik dihargai 5 Dollar AS. Semakin banyak titik yang Anda pilih, makin besar donasi yang Anda berikan. Setelah itu, Anda bisa mentransfer ke rekening yang tertera.

Tahukah Anda? Coral triangle memiliki 76 persen spesies terumbu karang dunia. Kawasan ini luasnya 6 juta kilometer persegi dan menjadi tumpuan 2.228 spesies ikan karang. Dan, ada 120 juta orang yang hidup dari hasil laut. Logis kalau manusia sendiri yang harus menyelamatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda