Scroll to Top

Jepang Menciptakan Robo-Dog Untuk Membantu Para Tuna Netra

By Ika / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

Negara Jepang tampaknya tak pernah kehabisan ide untuk berinovasi dalam hal teknologi. Kali ini negeri sakura tersebut mencoba menciptakan sebuah robot yang diharapkan mampu membantu orang-orang tuna netra yang kesulitan saat berjalan di tempat umum.

Robot Anjing

Robot itu adalah Robo-dog, sebuah robot berbentuk anjing yang bisa menjadi teman berjalan orang-orang tuna netra. Robot anjing ini diciptakan dan dikembangkan oleh NSK dan bekerja sama dengan University of Electro-Communications. Robot ini menggunakan Microsoft Kinect image dan sensor jarak jauh untuk menciptakan visualisasi 3D suatu benda atau hambatan yang ada di depan robot.

Robot ini bekerja dengan sebuah software yang sudah diprogram sebelumnya. Ia akan merespon setiap instruksi dari penggunanya, bahkan bisa memberitahu si pemilik tentang apa yang ada di sekitarnya dengan mengeluarkan suara wanita.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, inovasi robot dari Jepang memang bukan pertama kali ini saja dan tampaknya Jepang akan terus menciptakan robot-robot baru yang diklaim bisa membuat kehidupan lebih baik. Buktinya, minggu lalu Toyota mulai mengumumkan rencana bahwa mereka akan menciptakan sebuah robot perawat untuk membantu orang sakit/cacat, baik mengangkat mereka dari tempat tidur maupun membantu berjalan.

Di bawah ini akan ditampilkan video tentang Robo-dog dan bagaimana cara mereka membantu orang-orang tuna netra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda