Scroll to Top

Persib Juara ISL 2014, Tumbangkan Persipura Lewat Adu Penalti

By Aditya / Published on Friday, 07 Nov 2014

persib menang gol juara

Persib juara ISL 2014 setelah mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 5-3 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang pada Jumat, tanggal 7 November 2014. Pertandingan final ISL 2014 antara Persipura vs Persib Bandung berlangsung sengit dan harus diselesaikan melalui adu penalti.

Persipura mencetak gol cepat di menit 5. Adalah Ian Louis Kabes yang membawa tim Mutiara Hitam unggul setelah berhasil melewati Vladimir Vujovic. Skor sementara 1-0 untuk Persipura atas Persib Bandung di awal awal babak pertama.

Petaka menghampiri anak-anak Papua jelang babak pertama berakhir. Lewat serangan balik, Ferdinand Sinaga diganjal keras oleh Bio Pauline yang langsung diganjar kartu kuning kedua alias kartu merah.

Tendangan bebas Firman Utina membentur tiang gawang, Ferdinand Sinaga menyambutnya dengan salto namun masih bisa ditepis Dede Sulaiman. Bola liar yang hendak disapu Immanuel Wanggai justru masuk ke gawang sendiri. Skor sama kuat 1-1 menutup babak pertama.

Persib Bandung berhasil membalikkan keadaan pada menit 52 babak kedua. Berawal dari umpan terobosan cantik yang dilepaskan Firman Utina, M. Ridwan mampu membobol gawang Dede Sulaiman dengan sempurna. Persib unggul sementara 1-2.

Persipura ogah menyerah. Meskipun harus bertanding dengan 10 orang dan tertinggal satu gol, namun skuat asuhan Mettu Duaramurry justru tampil kesetanan dan lebih dominan. Persib dipaksa bertahan untuk menahan gempuran lawan.

Akhirnya, serangan militan Persipura berbuah manis. Ferinando Pahabol yang lolos dari kawalan Tony Sucipto mengirimkan umpan kepada Robertino Pugliara yang langsung diteruskan kepada Boaz Solossa. Sang kapten yang tak terkawal dengan mudah membobol gawang I Made Wirawan. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal.

Emoh kecolongan lagi, Persib langsung gencar menyerang di babak tambahan waktu. Beberapa peluang pun tercipta bagi pasukan Jajang Nurjaman meskipun Persipura juga memperoleh kesempatan yang cukup matang untuk mencetak gol. Namun, hingga 15 menit tambahan waktu pertama, skor tetap 2-2.

Drama terjadi lagi di sisa laga. Vladimir Vujovic diusir ke luar lapangan karena mengganggu Dede Sulaiman. Kedua tim kini sama-sama tampil dengan 10 orang. Babak tambahan waktu kedua pun usai tanpa ada gol lagi yang tercipta dan pertandingan pun harus dituntaskan dengan adu tendangan penalti.

Persib akhirnya memenangkan babak tos-tosan. Makan Konate, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Supardi, dan Achmad Jufriyanto sukses membobol gawang Dede Sulaiman. Persipura hanya mampu menceploskan tiga gol lewat Boaz Solossa, Ferinando Pahabol, dan Robertino Pugliara, sedangkan Nelson Alom gagal. Skor akhir 5-3 untuk Persib atas Persipura. Persib Bandung juara ISL 2014!

 

Komentar Anda