Scroll to Top

Pesawat Antariksa Rusia Phobos-Grunt Bisa Jadi Sampah Ruang Angkasa

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Friday, 11 Nov 2011

Bermaksud untuk mengeksplorasi planet Mars, pesawat antariksa Rusia, Phobos-Grunt mengalami gangguan pada tabung pendorong roket Zenit-2 yang tidak terbakar, dan mengakibatkan pesawat antariksa ini terjebak di orbit bumi. Bila tidak segera diperbaiki, pesawat ini akan menjadi sampah ruang angkasa.

phobos-grunt-mars

Bertempat di Kosmodrom Baikonur, Kazakhtan, Selasa (8/11),pukul 15.16 waktu setempat,  peluncuran pesawat ruang angkasa itu awalnya berjalan lancar. Namun, kerusakan mulai terjadi 11 menit kemudian. Tabung pendorong roket tidak memercikkan api dan gagal mendorong Phobos-Grunt melakukan perjalanan ke Mars.

Kegagalan ini merupakan yang ke-empat kalinya berturut-turut dalam catatan misi penelitian Rusia sejak tahun 1988, untuk mengeksplorasi Mars. Menurut Kepala Badan Antariksa Rusia, Vladimir Popovkin, pihaknya sudah mengetahui titik koordinasi dari keberadaan pesawat antariksa itu, Rabu (9/11).

Diperkirakan, timbulnya kerusakan disebabkan oleh pengiriman perintah komputer yang salah. Namun, Popovkin belum bisa memastikan hal itu. Dugaan tersebut hanyalah perkiraan sementara.

Kerugian yang diderita Rusia apabila gagal mendaratkan Phobos-Grunt ke Planet Mars ini mencapai 163 juta Dollar. Padahal, pesawat antariksa diharapkan dapat membawa beberapa ratus gram sampel tanah di Mars yang akan dipergunakan sebagai objek penelitian, dan mendarat kembali di Bumi pada 2014 nanti.

Phobos-Grunt (dalam bahasa Rusia, Grunt berarti tanah) tidak sendirian. Pesawat ini turut serta membawa satelit Yinghuo-1 milik China. Selain itu, Planetary Society juga menitipkan paket mikroorganisme seperti Tardigrades, untuk menguji ketahanan hidupnya dalam tekanan ruang angkasa.

Badan Antariksa Rusia memiliki waktu tiga hari untuk mereparasi  kerusakan secara jarak jauh di pesawat Phobos-Grunt.  Rusia berharap dapat menyalakan mesin dan membawa pesawat antariksa itu keluar dari orbit Bumi, sebelum bateray pesawat mengering.

Catatan misi Pesawat Antariksa Phobos :

  • 1988, Phobos-1 tersesat di luar jalur Mars, disebabkan kesalahan urutan perintah yang dikirim dari Bumi yang menyebabkan pesawat antariksa salah arah. Phobos-2 berhasil mencapai planet merah dan merekam 38 gambar, namun hilang kontak sebelum mendarat di permukaan Mars.
  • 1996, Rusia mencoba lagi dengan meluncurkan pesawat antariksa Mars-96. Tetapi, jatuh ke laut setelah tidak berapa lama take-off. Seharusnya peluncuran selanjutnya sudah ditetapkan pada 2009. Rencana ini dibatalkan karena pesawat antariksa masih belum siap diberangkatkan.
  • 2011, jika Rusia berhasil memperbaiki kerusakan tepat waktu dan membawa Phobos-Grunt kembali ke jalurnya, pesawat akan mencapai Mars pada September 2012.

2 thoughts on “Pesawat Antariksa Rusia Phobos-Grunt Bisa Jadi Sampah Ruang Angkasa”

  1. hmm..bisa dibilang sangat rugi ya, niatnya mau menguji permukaan mars (sampel tanah & paket mikroorganisme) ehh malah ‘nyangkut’..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda