Scroll to Top

Aksi Bullying Di Media Sosial Semakin Marak

By Melissa / Published on Thursday, 10 Nov 2011

Istilah bullying atau ‘penggencetan’ antar siswa merupakan masalah yang masih sering dijumpai di sekolah. Siswa yang dianggap kuat sering menggertak dan menakut-nakuti siswa yang lemah, bahkan bisa terjadi adu fisik.

Tidak hanya di dunia nyata, aksi bullying ini mulai merambah ke jejaring sosial.

Survei yang dilakukan oleh Pew baru-baru ini mengatakan bahwa 88% siswa mengaku menyaksikan tindakan kejam dan perilaku kasar yang dilakukan di Twitter dan Facebook.

Sungguh menyedihkan melihat para remaja yang membawa sikap bully hingga ke dunia maya, namun sepertinya masalah cyber-bullying ini semakin sering dijumpai.

Amanda Lenhart, peneliti senior dan pemimpin studi ini memberikan penjelasan mengenai fenomena bullying di jejaring sosial:

Biasanya, layanan jejaring sosial merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Namun terkadang muncul saat-saat yang tidak menyenangkan ketika mengakses layanan tersebut. Bagi sebagian remaja, dunia media sosial merupakan tempat yang kondusif untuk mendramatisir situasi yang akhirnya berujung ke perilaku kasar.

Survei ini melibatkan 799 siswa dengan rentang umur antara 12 – 17 tahun. 12% responden mengatakan bahwa mereka cukup sering mengalami perlakuan kasar di internet, dan 29% di antaranya mengatakan bahwa mereka beberapa kali menyaksikan aksi kasar tersebut.

Untungnya, 69% siswa mengatakan bahwa mereka mengalami perlakuan yang baik dari teman sebaya mereka di layanan jejaring sosial.

Bila dilihat berdasarkan jenis kelamin, para peneliti menemukan bahwa sepertiga dari siswa perempuan memiliki kesan negatif terhadap teman sebayanya, sementara hanya 9% dari siswa pria yang memiliki anggapan demikian.

Aksi bullying yang terjadi di internet dianggap lebih sulit untuk dikendalikan dibandingkan bullying di dunia nyata, karena perilaku buruk yang dilakukan di dunia maya ini akan sulit untuk ditelusuri lebih lanjut.

(via All Twitter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda