Scroll to Top

Ngeri! Usus Kecil Pecandu Alkohol Penuh Bakteri

By Ilham Choirul / Published on Monday, 14 Nov 2011

Kalau Anda seorang alkoholik, sebaiknya pikirkan kesehatan Anda sedari dini. Menurut penelitian oleh Scott Gabbard MD dan timnya di Dartmouth-Hitchcock Medical Center dan Klinik Mayo, usus serorang alkoholik menjadi tempat yang nyaman untuk tempat tinggal bagi bakteri. Bakteri ini tinggal di usus kecil, yang punya sebutan small intestinal bacterial overgrowth (SIBO).


Saat bakteri berada di ambang normal, dia bisa memicu penyakit yang berhubungan dengan gastrointestinal. Contohnya adalah konstipasi diare, sakit perut, kembung, atau sebah. Gas yang muncul di perut terjadi akibat pemecahan nutrisi oleh bakteri. Ini terjadi pada peminum yang rutin mengonsumsi alkohol walau pun dalam jumlah kecil.

Jumlah bakteri yang tidak terkontrol ini juga menyebabkan kandungan gizi dari makanan kurang mampu diserap tubuh. Jangan heran bila seorang alkoholik terlihat seperti orang yang kurang gizi.

Dalam mendapatkan hasil ini, para peneliti melakukan tes kepada 198 relawan. Mereka melakukan tes napas hidrogen laktulosa (LHBT). Tes tersebut dipakai untuk menemukan SIBO. Dan, kata peneliti, munculnya SIBO lebih mudah ditemukan pada alkoholik. Pada perokok atau penderita maag, munculnya SIBO tidak ada kaitannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda