Scroll to Top

Kesehatan Gigi Yang Buruk Bisa Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung

By Ika / Published on Monday, 14 Nov 2011

Salah satu bagian tubuh yang kadang diremehkan dan luput dari perhatian adalah gigi. Masih cukup banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan kebersihan dan kesehatan gigi. Misalnya dengan tidak menyikat gigi dengan cara yang benar atau malas pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi mereka. Mungkin bagi sebagian orang mengira bahwa tidak membersihkan gigi hanya akan menyebabkan gigi kuning, padahal ada penyakit lain yang mengintai.

dokter gigi

Sebelumnya telah ada penelitian dari Amerika Serikat yang menghubungkan kesehatan mulut dengan penyakit jantung dan stroke (baca beritanya di sini). Kali ini sebuah penelitian lain kembali dilakukan untuk menguatkan penelitian-penelitian sebelumnya. Studi ilmiah tersebut mengkaitkan hubungan antara kebersihan gigi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Studi yang dilakukan di Taiwan ini berdasarkan sejumlah data yang diperoleh dengan cara menganalisis sekitar 100.000 orang sejak tahun 2007.

Dari data-data tersebut, diketahui bahwa orang-orang yang menjaga kebersihan gigi mereka dengan baik ternyata memiliki resiko 24% lebih rendah terhadap serangan jantung, dan 13% lebih rendah terhadap resiko stroke bila dibandingkan dengan orang-orang yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan giginya secara rutin.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Reuters, peneliti mengklaim bahwa kesehatan gigi yang buruk bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Para ahli yang mempublikasikan hasil studi di pertemuan The American Heart Association pada hari Minggu di Orlando tersebut juga mengungkapkan bahwa ada kemungkinan ketika gigi tidak dibersihkan, maka akan meningkatkan resiko peradangan yang bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri. Menurut para ahli, hal-hal seperti itu bisa saja berkaitan dan memicu penyakit jantung.

Setelah mengetahui hasil studi ilmiah ini, para peneliti pun menyarankan agar semua orang harus lebih serius menjaga kebersihan gigi. Tak hanya dengan cara menggosok gigi yang benar, tapi orang-orang disarankan untuk rutin mengunjungi dokter gigi agar bila ada suatu kerusakan pada gigi, maka hal tersebut bisa segera diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda