Scroll to Top

10 Peristiwa Penting di Dunia yang Melibatkan Twitter

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 26 Nov 2011

Kerusuhan London

Twitter sebagai bagian dari media sosial, kerap dijadikan media dalam penyampaian berita untuk disebar ke seluruh dunia. Twitter juga kerap dijadikan media untuk mengumpulkan massa dan membocorkan hal-hal yang tidak diketahui khalayak umum.

Berikut 10 kejadian penting di dunia yang melibatkan Twitter sebagai media baik itu dalam penyampaian informasi, maupun sebagai alat untuk mengumpulkan dukungan serta massa seperti dilaporkan Computer Weekly.

Kerusuhan London

Kerusuhan di jantung ibukota Inggris beberapa waktu yang lalu ini menjadi pemantik lahirnya akun @RiotCleanUp_UK_. Akun ini juga memicu lahirnya hastag #riotcleanup yang akhirnya menjadi trending topic world wide. Kerusuhan London dapat menjadi bukti bila Twitter dapat dijadikan alat serta media untuk berkampanye serta menggalang dukungan dan massa.

Kecelakaan Pesawat US Airways

Januari 2009 silam sebuah pesawat komersil Amerika Serikat, US Airways jatuh di sungai Hudson. Janis Krum, salah satu penumpang pesawat melaporkan kejadian ini pertama kali lewat akun Twitter-nya. Ia juga menyebarkan foto-foto di seputaran pesawat melalui Twitpic. Foto ini akhirnya menjadi sumber berita bagi masyarakat dan bahkan mengalahkan media mainstream.

Tweet pertama Obama

Presiden berkulit hitam ini sangat getol ber-Twitter-ran. Termasuk sebelum menjadi presiden atau saat masih menduduki kursi senat. Bisa dikatakan, Presiden Obama menjadi presiden pertama yang memanfaatkan Twitter sebagai media komunikasi, serta media kampanye saat ia menjabat senat. Dan berkicaunya Obama di Twitter menjadi pemicu para presiden serta pemimpin dunia lain untuk berkicau di twitterland.

Gempa bumi China

Mei 2008 gempa dahsyat menerpa China. Twitter waktu itu digunakan untuk menyebarkan informasi serta membantu mencari korban yang hilang. Tak hanya berhenti hingga itu saja, Twitter juga digunakan untuk menggalang simpati.

RIP Michael Jackson

Selain menimbulkan rasa duka mendalam bagi penggemarnya, kematian Michael Jackson juga memunculkan kehebohan di Twitter. Trafik Twitter melonjak tajam. Hal ini diakibatkan Michael Jackson mendominasi trending topic world wide selama beberapa hari. Akibatnya, Twitter harus menutup layanan pencarian agar situs mereka tidak crash.

Kasus Ryan Giggs

Pemain sayap kiri Manchester United ini dihebohkan oleh akun Twitter yang bernama @InjunctionSuper. Akun tersebut membocorkan nama-nama tokoh yang ikut terlibat dalam kasus skandal seks Ryan Giggs. Apa imbasnya? Kasus ini akhirnya merembet sampai pejabat. Dan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya harus diseret ke meja hijau.

Kematian Osama Bin Laden

Mei 2011 silam, dunia dikejutkan dengan kematian orang nomor 1 paling diburu Amerika Serikat, Osama Bin Laden. Uniknya, berita kematiannya bukan berasal dari media mainstream. Namun dari sebuah akun Twitter warga setempat (Pakistan) yang kebetulan rumahnya bersebelahan dengan tempat persembunyian Osama.

NASA dan Mars

Juni 2008 NASA menemukan jika di planet Mars terdapat es. Ini berarti jika di planet tersebut terdapat juga air. Jika ada air, maka akan ada tumbuhan. Dan jika ada tumbuhan, maka akan ada oksigen. Dan NASA mengabarkan kepada dunia temuannya ini melalui akun Twitter.

Skandal Trafigura

Oktober 2009, perusahaan tambag Trafigura memiliki masalah dengan koran The Guardian. Ini bermula ketika The Guardian menerbitkan artikel tentang skandal Trafigura. Richard Wilson, aktivis HAM, menemukan informasi-informasi penting yang kemudian dibawanya ke akun Twitter-nya. Imbasnya, para artis akhirnya turun tangan dan ikut membantunya.

TwitchHiking

Paul Smith mampu membuktikan jika Twitter memiliki kekuatan sebagai alat komunikasi secara global. Ia nekat melakukan trip dari Inggris ke Steward Island di New Zealand dalam waktu 30 hari dengan bantuan 11.000 followers-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda