Scroll to Top

Barcelona Memecahkan Rekor Tak Terbobol dalam 11 Laga Kandang Berturut-Turut

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Tujuh kemenangan dan sekali seri. Mencetak 34 gol tanpa kemasukan sebiji gol pun. Demikianlah rekor kandang yang dibuat pasukan Pep Guardiola musim ini.

Victor Valdes

Dari segi rekot tak terkalahkan, Barcelona musim 2011/2012 ternyata setara dengan Barcelona era Terry Venables pada musim 1986/1987. Kala itu manajer Inggris sukses membawa El Barca tak tersentuh kekalahan dan tak kemasukan satu pun dalam 8 laga awal.

Bedanya, kualitas lini depan Barcelona era Pep lebih apik daripada Venables. Pep sukses membuat anak asuhnya mencetak 34 gol di kandang atau rerata 4,25 gol/pertandingan di Camp Nou. Sementara, Venables cuma bisa membawa timnya mencetak 14 gol dalam jumlah laga.

Artinya, seandainya Barcelona mampu menggasak Levante akhir pekan ini plus tak terbobol, mereka akan melampaui rekor El Barca era Terry Venables yang tak terbobol dan tak kalah di Camp Nou. El Barca akan mencatat 9 laga berturut-turut tak terbobol di Camp Nou dalam semusim.

Sebenarnya, jika musim lalu ikut dihitung, Barcelona era Pep telah memecahkan rekor ini. Lionel Messi dkk. tidak lagi membiarkan Victor Valdes kebobolan dalam 11 laga ditambah 3 pertandingan musim 2010/2011.

Dengan keadaan ini, Barcelona melewati rekor Cordoba musim 1964/1965 dan Athletic Bilbao musim 1970/1971. Kedua klub ini “hanya” tak terbobol dalam 10 laga kandang.

Terakhir kali Victor Valdes terbobol di kandang dalam laga La Liga terjadi pada 9 April 2011. Miguel Angel García Pérez-Roldán atau Corona, gelandang Almerialah yang melakukan hal itu. Dalam laga itu, Barcelona unggul 3-1 atas tim yang sekarang berkutat di Segunda Division.

Sementara itu, pertandingan melawan Rayo Vallecano menghasilkan catatan unik bagi Barcelona.

Lionel Messi sudah mencetak 15 gol di Camp Nou sepanjang musim ini di La Liga. Dengan total torehan 16 gol, artinya Messi cuma bisa mencetak 1 gol dalam 6 laga away. Sekaligus, membuktikan betapa digdayanya Mesiah di Camp Nou.

Dengan tak terbobol dalam laga melawan Rayo Vallecano, Victor Valdes tercatat sebagai kiper pertama Barcelona yang memegang rekor clean sheet dalam 200 laga. Clean sheet ini hampir setengah dari jumlah pertandingan Victor Valdes, 428 pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda