Scroll to Top

Berkebun Bisa Bikin Panjang Umur

By Ika / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Memiliki taman atau kebun di sekitar rumah tentu akan membuat rumah Anda semakin tampak asri dan terasa sejuk. Sayangnya, masih cukup banyak orang yang memilih untuk tidak memiliki taman atau kebun di sekitar rumah. Ada pula beberapa orang yang memiliki kebun tapi malas merawatnya. Padahal, merawat kebun-kebun itu bisa menimbulkan dampak positif bagi seseorang.

Kebun

Kebun bisa menjadi paru-paru atau penghasil oksigen yang baik, dan hal ini dipercaya dapat menunjang kesehatan seseorang. Apakah hanya itu? Menurut ahli kesehatan, memiliki taman atau kebun di sekitar rumah juga bisa meningkatkan kesempatan seseorang untuk memiliki umur panjang.

Para ahli mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas berkebun, seperti menanam bunga, menyiram tanaman, memotong rumput, atau bahkan hanya dengan menikmati pemandangan kebun, semua itu dapat membuat seseorang menjadi rileks. Rasa rileks dan santai seperti ini diduga dapat mengurangi stres, terutama bagi mereka yang setiap hari harus bekerja dan rentan terhadap rasa stres.

Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, berkebun yang menyebabkan rasa rileks ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan diklaim bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Profesor Alan White dari Leeds Metropolitan University yang juga melakukan penelitian berkaitan dengan hal ini mengungkapkan bahwa efek-efek dari berkebun itulah yang bisa membuat seseorang memiliki kesempatan berumur panjang. Penelitian Alan White sendiri telah dipublikasikan dalam British Medical Journal dan mendapat tanggapan positif dari para ahli kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda