Scroll to Top

Siap-Siap Kena Menopouse Dini bagi Wanita Perokok

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 04 Dec 2011

Wanita merokok

Tanpa kenal jenis kelamin, rokok mengundang bahaya bagi pria mau pun wanita. Kenikmatan rokok tidak sebanding dengan efek buruk dalam jangka panjang. Bukan hanya perokok saja yang kena dampaknya, melainkan orang lain yang menghirup asapnya turut menjadi korban.

Selain menimbulkan kanker paru-paru, jantung,  impotensi, dan berbagai penyakit lainnya, rokok ternyata juga memengaruhi fungsi organ reproduksi wanita. Wanita yang terlalu sering terpapar asap rokok akan mendapatkan masa menopouse lebih awal dibanding mereka yang tidak. Diperkirakan minimal menopuse akan datang setahun lebih awal dari waktu normalnya.

Dalam penelitian yang dilakukan Volodymyr Dvornyk dari Universitas Hong Kong menyebutkan, potensi wanita perokok mendapatkan menopouse lebih awal sekitar 43 persen. Hasil ini didapatkannya setelah meneliti kondisi 43 ribu wanita yang dijadikan sampel. Jika normalnya wanita mengalami menopouse di usia 46-51 tahun, maka wanita perokok bisa mendapatkannya pada usia 43-50 tahun.

Sekitar 20 persen dari total perokok dunia adalah wanita. Ketika wanita perokok mendapatkan menopouse lebih awal, maka awal pula baginya memiliki potensi terkena osteoporosis. Apalagi jika wanita tersebut juga pecandu alkohol, menopuse bisa berlangsung lebih cepat lagi. Merokok hanya akan mematikan hormon estrogen wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda