Scroll to Top

Levante Selalu Kalah Menghadapi Barcelona di Camp Nou

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Keampuhan skuad Barcelona dan keangkeran Camp Nou akan teruji lagi akhir pekan ini. Lawan yang datang adalah kejutan musim ini, Levante. Sang Katak, julukan Levante, tengah mengincar posisi aman di zona Liga Champions.

Barcelona vs Levante

Musim 2011/2012, tidak ada yang menyangka Levante sempat bisa memuncaki klasemen. Sayang, mandulnya lini depan sempat menghancurkan mereka di pekan 10 hingga 12. Dalam periode itu, mereka kalah tiga kali dalam tiga laga. Beruntunglah Juanlu dkk. mulai menemukan kembali trek ajaib mereka ketika menggasak Sporting Gijon 4-0.

Kini, lawan yang dihadapi jauh lebih mengerikan. Barcelona menguasai Camp Nou musim ini tanpa pernah kebobolan. Belum lagi torehan 34 gol dalam delapan pertandingan. Modal lain Barcelona adalah rekor selalu menang saat menjamu Sang Katak.

Levante memang bukan klub tradisional Primera Division. Mereka lebih suka berendam di kelembaban Segunda Division dan menunggu hujan promosi.

Wajar kalau mereka cuma mencatatkan 6 pertemuan di Camp Nou. Dalam enam laga tersebut Levante tak mendapatkan satu angka pun.
Pertemuan pertama kedua klub di Camp Nou terjadi pada musim 1963/1964.

Kala itu, Barcelona yang dimanajeri Cesar Rodriguez, menang besar dengan skor 6-2. Musim berikutnya, Levante yang mampu bertahan di kompetisi tertinggi lagi-lagi terhempas di kandang Barcelona. Kali ini skor lebih tipis, 4-2.

Setelah masa itu, Levante terperosok jauh ke zona kebiasaan mereka. Sementara, Barcelona menjadi salah satu klub yang selalu berada di zona teratas bersama Real Madrid dan Athletic Bilbao.

Pertemuan kedua klub baru terjadi 42 tahun kemudian. Barcelona yang dimanajeri Frank Rijkaard, menghadapi Levante pada musim 2004/2005. Kemenangan pun ada di genggaman tangan, 2-1.

Sempat terdegradasi musim berikutnya, Levante kembali pada musim 2006/2007 dan 2008/2009. Namun, Camp Nou masih terlalu tangguh. Tahun 2007, Levante dibajak 1-0 dan 2008, pembantaian mengerikan terjadi. Skor akhir 5-1 dengan hattrick dari seorang Samuel Eto’o.

Pertemuan satu-satunya dan pertama Barcelona pada masa Josep Guardiola baru terjadi musim lalu. Kala itu, Pedro Rodriguez menjadi pahlawan Barcelona. Dengan dua golnya, Blaugrana mampu memetik kemenangan tipis 2-1.

Namun, 3 poin itu diraih dengan perjuangan sangat berat. Levante dengan strategi ultradefensifnya, memaksa Barcelona kerepotan. Tidak hanya untuk membongkar pertahanan Sang Katak, tetapi juga mengatasi counter attack mereka yang ampuh.

Kini, keadaan sama sekali berbeda. Levante menjelma sebagai salah satu kekuatan tertangguh di La Liga. Bahkan, Real Madrid mampu diterkam mereka 1-0. Maka, masih mengerikankah Camp Nou? Ataukah, Arouna Kone dkk. yang menjadi tim pertama yang mampu mencetak gol ke gawang Victor Valdes di stadion kebanggaan Cules?

Pertandingan ini sendiri akan diselenggarakan pada Minggu, 4 Desember pukul 02.00 WIB. Anda bisa menyaksikan laga ini di TVOne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda