Trowulan, dahulu kala merupakan sebuah ibukota dari kerajaan yang powerfull, Majapahit. Kerajaan yang kekuasaannya mencakup nusantara dan beberapa wilayah Asia.

trowulan-majapahit

Namun, dimanakah letak Trowulan? mungkin jika pertanyaan itu dikemukakan saat ini, hanya sedikit orang yang mampu menjawab dengan tepat. Itu karena aset sejarah itu kurang mendapat promosi yang cukup untuk wisata budaya dan sejarah.

Trowulan terletak di Jawa Timur, 2 km dari pusat kota Mojokerto.

Terdapat beberapa situs yang menunjukkan kebesaran kekuasaan Majapahit jaman dahulu, diantaranya beberapa candi, kolam pemandian para penghuni kerajaan dan juga sebuah gerbang kerajaan yang megah, terbuat dari bata merah.

Sebuah museum purbakala berisi berbagai benda yang ditemukan di sekitar lokasi kerajaan dan kota Trowulan terdapat di sana. Situs ini pertama kali dimunculkan dalam tulisan Sir Stamford Raffles tahun 1817, berjudul History of Java.

Menurut Sir Stamford Raffles, nama Trowulan berasal dari kata Trang Wulan, atau Terang Bulan. Pertama kali ditemukan, situs ini masih berupa hutan jati.

Uniknya, kota Trowulan kuno sudah memiliki sistem kanal dan pengairan yang teratur.

Kolam Segaran misalnya, yang berfungsi sebagai telaga di tengah kota. Berdasarkan sketsa rekonstruksi Kota Majapahit dan foto udara, kota klasik ini memiliki sistem kanal pengairan untuk drainase dan pasokan air yang dibuat dalam garis lurus memanjang dari barat laut ke tenggara dan dari timur laut ke barat daya.