Scroll to Top

Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Cristiano Ronaldo Bersaing di Ballon d’Or

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Dec 2011

Terjawab sudah siapa tiga besar nominator peraih Ballon d’Or. Seperti yang sudah diprediksikan, duel raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, akan terjadi.

Messi, Xavi, Ronaldo

Barcelona diwakili peraih pemain terbaik dunia tahun lalu, Lionel Messi. Selain itu, ada pula nama Xavi Hernandez. Sementara, Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya wakil non-Barcelona.

Ketiga pemain ini memang yang paling bersinar sepanjang setahun terakhir. Hadirnya Messi, Xavi, dan CR7 pun bisa dikatakan membawa duel El Clasico menjadi duel paling mengerikan tahun 2011.

Xavi Hernandez, sang puppet master, dikenal dengan kemampuannya mengatur permainan. Di bawah kekuasaan mutlaknya, Barcelona hampir senantiasa memegang ball possession di atas 60% dengan siapa pun lawan mereka.

Umpan-umpan mautnya menjadi nilai lebih tersendiri. Dari segi ketajaman, setengah tahun terakhir, Xavi tengah berada dalam musim terbaiknya.

Lionel Messi adalah kawan paling pas bagi Xavi. Tidak terlalu serakah, insting gol di atas rata-rata, dan sangat konsisten di lapangan. Messi tengah berada dalam form terbaiknya dalam setahun terakhir.

Di timnas Argentina, perannya semakin meningkat hingga ban kapten melingkar di lengan. Di Barcelona, ia selalu menghibur penonton dengan skill individunya; membuat sepakbola modern yang pragmatis tidak kehilangan sihir.

Nama terakhir adalah Cristiano Ronaldo. CR7 mengalami perubahan signifikan musim ini. Ia tidak terlalu egois seperti musim-musim sebelumnya. Sebagai bukti, Ronaldo adalah pemberi assist terbaik kedua di timnya setelah Angel Di Maria.

Apakah produktivitas gol CR7 menurun? Tidak. Ia sudah mengemas 17 gol di liga hanya dalam 14 pertandingan. Selain itu, kekuatan fisik Ronaldo juga merupakan nilai lebih sendiri. Untuk seorang penyerang yang dibutuhkan sepakbola modern, CR7 adalah yang terdepan.

Ketiga pemain ini akan menunggu pengumuman FIFA Ballon d’Or yang akan diselenggarakan di Zurich pada 9 Januari 2012 mendatang. Siapa yang Anda pilih?

One thought on “Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Cristiano Ronaldo Bersaing di Ballon d’Or”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda