Scroll to Top

Ivacaftor, Obat Baru untuk Penyakit Paru-Paru Cystic Fibrosis

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 07 Dec 2011

Para peneliti menemukan harapan baru untuk membantu kesembuhan pasien  penyakit paru-paru cystic fibrosis dengan ditemukannya obat ivacaftor. Seperti dikutip VOA News  dari New England Journal of Medicine, obat ini yakini akan mampu mengimbangkan antara kandungan garam dan air pada saluran napas penderitanya.

sakit paru

Pada penerapan untuk  beberapa pasien,  obat tersebut menunjukkan hasil positif. Fungsi paru-paru mereka menunjukkan kemajuan dan kandungan garam dalam keringat berkurang, yang menjadi ciri khas penyakit cystic fibrosis.

Penyakit paru-paru ini bisa menurun karena faktor genetik. Penderita biasanya mengeluhkan sulit bernapas akibat banyak dahak yang terdapat pada saluran napas. Terjadi pula kasus infeksi pada saluran itu. Bahkan, pankreas penderita akan turut terkena efek buruk dari munculnya dahak tebal.

Seringkali penderita cystic fibrosis divonis memiliki harapan hidup rendah. Dan, tiap penderita punya mutasi gen yang mungkin berlainan. Obat ini menawarkan “senyum baru” bagi penderita cystic fibrosis.Meskipun, peneliti mengatakan, obat ini sementara hanya bisa diterapkan untuk penderita dengan mutasi gen tertentu. Jumlah yang bisa ditangani obat ini baru sekitar empat persen dari seluruh jenis mutasi cystic fibrosis yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda