Scroll to Top

Nasi Kuning Ala Spanyol

By C Novita / Published on Wednesday, 07 Dec 2011

Indonesia terkenal sekali dengan berbagai  makanan tradisional yang kaya cita rasa. Salah satunya adalah, Nasi Kuning.  Yaitu jenis nasi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah dan juga ditambah dengan santan.

nasi kuning spanyolNamun jangan salah, ternyata di belahan dunia lain, tepatnya di Spanyol,  ada makanan yang hampir mirip dengan makanan khas Indonesia tersebut. Namanya adalah Paella (baca: paeya). Paella berasal dari bahasa Prancis kuno, Paelle, yang artinya pan atau wajan.

Warga Spanyol memang memasak Paella di sebuah wajan berukuran besar. Caranya, lapisan nasi yang diberi rempah ditaruh di bagian bawah wajan, lantas dimasak dengan cara dipanggang hingga matang dan beraroma wangi. Wajan yang digunakan amat besar, bahkan mampu menampung hingga 15 porsi Paella.

Ada berbagai macam jenis bahan yang biasanya digunakan dalam mengolah Paella, seperti seafood (biasanya udang atau cumi), paprika, tomat, dan tentu saja kunyit untuk warna kuningnya. Semua bahan biasanya ditumis terlebih dahulu hingga harum, sebelum dicampur dengan nasi dan dimasukan dalam wajan atau Paella besar, lantas dipanggang.

Airnya, biasanya yang digunakan adalah kaldu ikan, atau udang dan cumi. Ini juga menjadi ciri khas kelezatan Paella. Terakhir, ditaburkan beberapa buah kerang hijau di atasnya, udang windu, paprika, juga cumi.

Memang berbeda dengan Nasi Kuning ala Indonesia yang biasanya berlauk ayam dan telur. Paella ini cenderung lebih merupakan hidangan seafood. Yang sama hanyalah penggunaan kunyit sebagai pewarna kuningnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda