Scroll to Top

Amra Tomadery, Transgender Reality Show Pertama Bangladesh

By Andhika / Published on Saturday, 10 Dec 2011

Sebuah televisi di Bangladesh mengumumkan akan menayangkan sebuah acara reality show untuk kaum transgender. Acara yang diberi nama “Amra Tomadery” (kami untukmu) merupakan acara pertama di negara tersebut yang berusaha untuk menepis pandangan miring terhadap komunitas “hijra“.

Hijra merupakan sebuah komunitas di Bangladesh yang isinya adalah orang-orang transgender. Acara ini dimaksudkan untuk memberi pandangan terhadap eksistensi mereka. Mokaddem Babu, produser dari Amra Tomadery berkomentar,

“Tujuannya adalah untuk mengakhiri pandangan tabu yang diasosiasikan dengan hijra. Hijra adalah putra-putra kami atau putri-putri kami, sebelumnya kami memperlakukan mereka seolah-olah mereka bukan bagian dari kami. Show ini untuk mematahkan penghalang tersebut”

Saat ini mereka telah membuka pendaftaraan untuk 40 kontestan. Nantinya, ke-40 peserta tersebut akan diadu bakat seperti tari dan menyanyi untuk mendapatkan point dari penonton. Mirip kontes idol yang telah populer di beberapa negara, seperti di Amerika ada American Idol, X Factor, Fashion Star, namun di Bangladesh ini dikhususkan pada kaum transgender.

Pada Oktober lalu, komunitas ini pernah berunjuk rasa di Dhaka, ibukota Bangladesh, untuk menuntut persamaan atas hak-hak mereka atau pengakuan sebagai “gender ketiga”. Demonstrasi tersebut dihadiri lebih dari 1000 orang kaum transgender.

Bangladesh adalah negara dengan penduduk sekitar 142 juta jiwa. Mayoritas dari penduduk tersebut, sekitar 89% memeluk agama Islam dengan ajaran Sunni. Kaum Hijra, yang penamaannya diambil dari bahasa Urdu ini tidak hanya ada di Bangladesh, namun juga tersebar di Pakistan dan India.

Sangat sedikit dari mereka yang bisa mendapat pekerjaan terhormat di negara tersebut, kebanyakan terjun di dunia prostitusi, penjadi penghibur di sebuah acara perayaan atau menjadi peminta-minta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda