Scroll to Top

Kebanyakan Aktivitas Bikin Anak Alami Lelah Kronis

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Dec 2011

kecapekan

Atas nama pendidikan, seringkali waktu anak-anak hampir seharian dipakai untuk belajar. Belajar di sekolah dihabiskan dari pagi sampai siang hari. Setelah itu, lanjut dengan dengan mengikuti bimbingan belajar. Kadang aktivitas mereka masih ditambah les lain yang begitu menyita waktu. Ujungnya, anak pun didera kebosanan dan fisik yang selalu kelelahan.

Padahal, menurut sebuah penelitian, kondisi anak yang kerap capek ini diduga kuat mereka telah mengalami chronic fatigue syndrome (CFS). Sindrom kelelahan kronis ini mempunyai gejala seperti rasa lelah yang sangat, mudah terserang flu, sampai pikiran yang senantiasa lesu. Itulah yang membuat anak jadi tidak bersemangat dan mempunyai ketahanan tubuh yang lemah.

Penelitian yang dirilis The Centre for Child and Adolescent Health dan The University of Bristol di Inggris menyatakan, banyak anak di Inggris terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena terkena sindrom ini. Dalam jangka enam minggu, dari data absensi siswa usia 11-16 tahun sejumlah 2.855 siswa, didapati ada 461 siswa yang tidak masuk selama jangka waktu tersebut.

Sejumlah 461 siswa yang tidak masuk sekolah itu pun diurai lagi masalahnya. Ada 315 siswa yang izin dengan alasan jelas. Namun, ada tiga siswa yang ternyata terjangkiti kelelahan akut. Sementara itu, sisanya yang 146 siswa, punya masalah saat absen dari sekolah. Di antaranya direkomendasikan menemui spesialis dan terkena CFS.

“Kelelahan kronis adalah hal penting yang menjelaskan absennya anak-anak dari sekolah,” kata penelitian itu.

Membebani anak dengan berbagai aktivitas belajar sampai lupa waktu bisa memperburuk keadaan fisik dan mentalnya. Prestasi memang penting. Tapi, tanpa ditopang dengan badan dan jiwa yang sehat, prestasi pun jadi sulit diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda