Scroll to Top

Lima Transfer Terbaik Premier League 2011-2012

By Wan Faizal / Published on Thursday, 15 Dec 2011

Ketika bursa transfer awal musim dibuka, perhatian dipastikan akan tertuju pada bagaimana geliat transfer yang dilakukan oleh sebuah klub sepakbola.

Tak terkecuali di Premier League Inggris, liga yang menahbiskan diri sebagai yang terbaik di dunia. Arus transfer yang terjadi di Inggris adalah termasuk yang paling ramai.

Namun tentu saja tak semua pemain yang didatangkan memberikan kontribusi apik bagi klub barunya. Nah, siapa saja yang termasuk lima transfer terbaik Premier League musim ini berdasar data dari EA Sports Player Performance Index (EA PPI)? Simak ulasannya.

1.       Emmanuel Adebayor

Inilah transfer paling brilian yang dilakukan manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp. Meski hadir hanya dengan status pinjaman dari Manchester City, peran Adebayor sangatlah krusial bagi kebangkitan Spurs yang sempat kolaps di awal musim.

Melakoni 12 laga bersama Spurs hingga pekan ke-15 ini, striker asal Togo itu mampu mengemas delapan gol. Kerjasamanya dengan Rafael Van der Vaart dan Gareth Bale sungguh menjanjikan bagi kesuksesan Spurs.

Kini, tugas Redknapp adalah bagaimana cara mempermanenkan eks striker Arsenal tersebut agar tetap di White Hart Lane musim depan.

Statistik Adebayor musim ini*:

Main

Menit

Gol

Assist

Ranking EA PPI

12

1075’

8

5

3

2.       Sergio Aguero

Tak bisa disangkal, kehadiran Sergio Aguero mampu memberikan warna baru bagi permainan Manchester City. Pergerakannya yang lincah di lini depan benar-benar membuat pertahanan lawan keteteran.

Meski harus bersaing dengan nama-nama seperti Edin Dzeko, Mario Balotelli, dan Carlos Tevez, nama Aguero bisa dipastikan selalu menjadi pilihan pertama manajer Roberto Mancini.

Torehan 11 gol dari 14 penampilannya semakin membuat City merasa tak rugi telah mengeluarkan dana sebesar 38 juta pounds untuk menariknya dari Atletico Madrid di awal musim ini.

Statistik Aguero musim ini*:

Main

Menit

Gol

Assist

Ranking EA PPI

14

950’

11

4

5

3.       Demba Ba

Namanya mungkin baru terkenal setelah tampil apik bersama Newcastle United musim ini. Datang dengan status bebas transfer dari West Ham United yang terdegradasi akhir musim lalu, Ba melejit dengan koleksi 11 golnya sejauh ini, menyamai koleksi Aguero yang berharga 38 juta pounds.

Kehadiran Ba bagaikan angina penyejuk bagi lini depan Newcastle. Bagaimana tidak, performa striker mereka musim ini yang menjadi andalan musim lalu jauh menurun. Leon Best, Shola Ameobi, dan Peter Lovenkrands tidak bisa menampilkan permainan apik seperti musim lalu.

Maka, pantaslah jika The Magpies merasa bersyukur mendapatkan pemain yang terkadang melakukan sujud dalam selebrasinya setelah mencetak gol itu tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Statistik Ba musim ini*:

Main

Menit

Gol

Assist

Ranking EA PPI

14

1003’

11

1

13

4.       Mikel Arteta

Transfer sempurna dari Arsene Wenger. Sadar timnya butuh pemain penyeimbang baru pasca cederanya Jack Wilshere, Wenger rela merogoh kocek sebesar 10 juta pounds demi mendaratkan Mikel Arteta dari Everton.

Debut pemain asal Spanyol bagi Arsenal pun berbuah manis. Melawan Swansea, Arteta bermain gemilang selama 90 menit untuk memberikan kemenangan pertama bagi The Gunners musim ini. Meski tidak mencetak gol, Arteta mampu membuat lini tengah Arsenal menjadi lebih hidup.

Dalam perjalanannya, Arteta tercatat selalu bermain selama 90 menit ketika diturunkan sejak awal. Hanya sekali ia diganti di menit ke-82 saat Arsenal melawan Bolton Wanderers. Dan itulah bukti dari betapa pentingnya peran Arteta bagi Arsenal sejauh ini.

Statistik Arteta musim ini*:

Main

Menit

Gol

Assist

Ranking EA PPI

12

1197’

3

1

15

5.       Sebastian Larsson

Pelatih Sunderland sebelumnya, Steve Bruce, sangat jeli melihat kegelisahan yang dialami Sebastian Larsson di Birmingham City yang terdegradasi akhir musim lalu. Tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Bruce berhasil meyakinkan Larsson untuk hijrah ke Sunderland dan tetap bermain di Premier League.

Debut Larsson bagi klub yang bermarkas di Stadium of Light itupun juga berlangsung manis. Bertandang ke Liverpool, sebuah gol cantik Larsson mampu menyelamatkan Sunderland dari kekalahan.

Akhir pekan lalu, Larsson kembali membuat manajer baru Sunderland, Martin O’Neill, tersenyum manis. Golnya di menit akhir lewat tendangan bebas mampu memastikan kemenangan dramatis 2-1 atas Blackburn Rovers.

Statistik Larsson musim ini*:

Main

Menit

Gol

Assist

Ranking EA PPI

14

1153’

5

2

19

  • Hingga pekan ke-15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda