Scroll to Top

Ivan Kolev Calon Utama Pengganti Wim Rijsbergen?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Dec 2011

Selepas Rahmad Darmawan mengundurkan diri, PSSI tampaknya akan membutuhkan waktu untuk mencari pelatih pengganti. Tidak hanya untuk timnas U-23, tetapi juga timnas senior.

Ivan Kolev

Rencananya, RD akan dipromosikan sebagai pelatih utama Garuda senior. Mengingat, sedianya kontrak Wim Rijsbergen akan dihentikan per 29 Februari 2012 mendatang. Ya, saat itu Wim akan melakoni laga terakhirnya bersama timnas di kualifikasi ketiga Pra Piala Dunia Zona Asia. Sejauh ini, timnas selalu kalah dan berada di dasar klasemen —jauh dari ekspektasi publik yang terlalu tinggi—.

Dengan melatih timnas u-23, RD notabene sudah cukup pengalaman untuk menangani timnas senior. Lagipula, para pemain timnas juga sudah cukup dikenalnya. Bahkan, pernah ditangani di tingkat klub. Namun, tak diduga-duga, RD justru melepas jabatan karena dualisme liga di tanah air. Wajar kalau kini PSSI memutar otak.

Satu nama yang digadang-gadang akan menjadi arsitek timnas senior tahun 2012 mendatang adalah Ivan Venkov Kolev. Pelatih ini tentu tidak asing lagi bagi publik sepakbola tanah air. Kolev pernah membawa timnas berlaga di Piala Asia 2004 dan 2007.

Hasilnya, dalam turnamen empat tahunan itu Indonesia berhasil memetik dua kemenangan bersejarah. Yaitu 2-1 menghadapi Qatar dan skor sama saat “menjamu” Bahrain di Jakarta.

Saat ini, keputusan belum final. Kolev juga hanya satu dari sekian nama yang dilontarkan PSSI. Namun, satu yang perlu diwaspadai Ivan Kolev atau siapa pun pengganti Wim, adalah kedisiplinan pemain dan kepatuhan klub.

Ya, masalah profesionalitas, pemain dan klub kita memang masih jauh dari standard Eropa atau Asia. Sepanjang akhir 2010 hingga 2011, kita sudah mendengar kisah yang membuat geleng-geleng kepala. Mulai dari kebengalan Boaz Sollosa, liarnya Oktavianus Maniany, hingga “artis baru” bernama Irfan Bachdim.

Masalah pelatih baru timnas akan bertambah pelik karena PSSI tengah berseteru dengan PT LI dan ISL. Mengingat pemain dari liga ilegal tidak boleh memperkuat timnas sesuai Statuta FIFA, stok yang bisa dipanggil hanyalah pemain-pemain dari IPL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda