Scroll to Top

Serangan Cyber Makin Meningkat

By Joko Utomo / Published on Saturday, 17 Dec 2011

CyberwarSeiring dengan makin naiknya tingkat pemakaian perangkat portable, resiko atas malware atau gangguan kehilangan data juga ikut berkembang dengan pesat. Hal yang sama juga akan terjadi pada peralatan mobile lainnya termasuk yang menggunakan sistem nirkabel atau wireles.

Apalagi saat ini berbagai macam arus informasi bisa masuk dari arah mana saja. Hal ini juga membuat malware bisa melakukan serangan dengan berbagai cara. Ini merupakan peringatan utamanya bagi mereka yang suka saling berbagi dengan menggunakan sistem online.

Raymond Goh, seorang pejabat dari Symantec memperkirakan jika penyalahgunaan pada kasus pencurian data dan malware yang diperkirakan terus meningkat pada tahun 2012 ini bertujuan untuk memunculkan kekacauan. Adapun sasaran utama yang dituju antara lain adalah informasi bisnis.

Menurut berita yang dirilis Antara, selain informasi bisnis malware juga suka  menjadikan gaung komputasi awan yang termasuk baru sekalipun sebagai obyek sasaran. Apalagi pada cloud virtualization. Ancaman ini terjadi bukan ketika ada seseorang memindahkan data. Ancaman tersebut sering muncul ketika orang tersebut tidak mengerti cloud itu sendiri.

Pada tahun 2011 sertifikat-sertifikat SSL (Secure Socket Layer) telah digunakan para hacker untuk melakukan serangan. Hal ini telah mendorong SSl Certificate Authorities (CAs) dan pengelola situs untuk lebih seksama dalam menyediakan sistem keamanan agar konsumen dan mereka sendiri lebih terlindungi dari serangan malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda